Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 16 Maret 2020 | 09:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menanggapi virus corona Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia, netizen mulai mengantisipasi kemungkinan wabah tersebut makin meluas. Saling mengingatkan agar semakin berhati-hati terhadap virus corona, hashtag #dirumahaja trending di Twitter.

Pantauan dari situs Trends24.in, hashtag #dirumahaja mulai trending pada pukul 07.00 WIB.

Hingga artikel ini dibuat, hashtag #dirumahaja memuncaki trending topik regional Indonesia pada pukul 08.30 WIB setelah dicuitkan lebih dari 19 ribu kali oleh netizen.

Dikutip dari Suara.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto telah mengumumkan pada hari Minggu (16/03/2020) bahwa jumlah pasien positif virus corona Covid-19 di Indonesia bertambah 21, hingga membuat total menjadi 117 kasus positif.

Pemerintah sudah menghimbau masyarakat agar saat ini mereka tidak usah panik serta menghindari kegiatan komunitas atau berkumpul dalam jumlah banyak guna mencegah penularan.

Hashtag dirumahaja membuat netizen saling mengingatkan wabah virus corona COVID-19. (Twitter/ wafidisini)

Beberapa daerah di Indonesia bahkan sudah mulai menerapkan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Beberapa daerah yang sudah meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah termasuk Jakarta, Banten, Bandung, Depok, Bogor, Malang, Solo, dan kemungkinan daerah lain juga akan menyusul jika wabah virus corona semakin masif.

Di Twitter, netizen saling mengingatkan agar mereka tetap berada di rumah agar meminimalisir penyebaran virus corona.

Bahkan terdapat akun kementerian yang ikut mengingatkan netizen agar tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Hashtag dirumahaja trending di Twitter. (Trends24.in)

"Siapa yang sudah mulai bekerja dari rumah hari ini? Tetap produktif meski #dirumahaja ya, temankeu. Terus jaga kesehatan, lindungi diri dan lingkungan sekitarmu dengan social distancing! (emoticon senyum)," cuit akun Twitter resmi Kementerian Keuangan Indonesia (@KemenkeuRI).

Banyak netizen yang memberikan video maupun ilustrasi agar netizen menerapkan social distancing untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

"#dirumahaja ya liburnya. Stay safe," komentar @Rizalpauji_.

"Ini semua soal melindungi dirimu dan orang-orang di sekitarmu #dirumahaja," kata @hapsakputra.

"Virus corona lagi touring. Semoga semuanya tetap sehat #dirumahaja," cuit @fatimss_

Ketika artikel ini ditulis ribuan netizen masih mencuitkan hashtag #dirumahaja sehingga hashtag tersebut masih tetap bertahan memuncaki trending topik Twitter regional Indonesia.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

BACA SELANJUTNYA

Twitter akan Sediakan Fitur Pembayaran, Mau Jadi E-Commerce?