Jum'at, 24 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 16 Maret 2020 | 14:50 WIB

Hitekno.com - CEO Ruangguru, Belva Devara melalui cuitan di akun Twitter pribadinya mengumumkan kerja sama antara aplikasi belajar online yang ia bangun dan provider Telkomsel. Kerja sama antara keduanya ini merupakan respon atas virus corona yang kini begitu mewabah.

Berdasarkan cuitan yang Belva Devara buat di akun @AdamasBelva, dirinya menyebutkan bahwa Ruangguru dan Telkomsel nantinya akan memberikan kuota 30 GB gratis per 30 hari untuk siswa-siswa yang belajar online.

Kerja sama ini merupakan respon dari keputusan pemerintah untuk menutup aktivitas belajar di sekolah menyusul situasi darurat kesehatan terkait penyebaran virus corona di tanah air.

"Pengumuman, Ruangguru x Telkomsel memberikan 30 GB GRATIS (per 30 hari) kepada siswa untuk belajar online. It is better to light a candle than curse the darkness. Mohon share" tulis @AdamasBelva dalam cuitannya.

Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel menyebutkan bahwa kebijakan ini adalah dukungan Telkomsel pada keputusan pemerintah untuk menangani penyebaran virus corona. Telkomsel lalu menjadi penghubung atau connectivity enabler.

Ruangguru. (Ruangguru)

Atas dukungan ini, Telkomsel lalu bekerja sama dengan Ruangguru untuk memberikan kebebasan bagi para siswa untuk dapat mengakses Ruangguru tanpa biaya kuota apapun. Diharapkan metode ini dapat sangat membantu selama berjalannya kebijakan belajar online.

Mengenai berbagai kemungkinan yang akan terjadi terkait masalah jaringan, Telkomsel telah siaga dengan menambahkan kapasitas jaringan di beberapa wilayah untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Belva Devara menambahkan bahwa Ruangguru tidak ingin kegiatan belajar mengajar siswa dan guru terganggu di tengah maraknya libur sekolah sebagai pencegahan penyebaran virus corona.

Kuota 30 GB gratis dari Telkomsel untuk akses Ruangguru. (Telkomsel)

"Kami sudah menyediakan berbagai layanan belajar alternatif, namun kami menyadari bahwa terkadang koneksi internet bisa menjadi penghalang. Oleh karena itu, kami sangat menyambut positif niat baik Telkomsel untuk membantu akses belajar anak Indonesia," ungkap Belva Devara.

Lebih lanjut mengenai kerja sama ini, pihak Telkomsel menyebutkan bahwa nantinya pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dapat mengaktifkan paket data Rp 0 melalui aplikasi My Telkomsel.

Nantinya, pengguna hanya perlu memasukkan nomor Telkomsel yang aktif dan langsung dapat mengakses data sebesar 30 GB untuk mengakses Ruangguru selama 30 hari sejak tanggal aktivasi.

BACA SELANJUTNYA

Cara Beli Masa Aktif Telkomsel 2023, Mudah dan Tidak Repot