Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Rabu, 25 Maret 2020 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar konten yang mengklaim tokoh FPI, Habieb Rizieq telah menggalan dana sampai Rp 500 miliar untuk penanggulangan pandemi virus corona baru COVID-19.

Konten yang mengklaim penggalangan dana oleh Habieb Rizieq ini disertakan pula dengan foto yang muncul lewat unggahan akun Facebook Ca Met, Minggu (22/3/2020).

Tampak bidikan layar artikel CNBD Indonesia yang menampilkan sosok Rizieq Shihab dengan sejumlah orang.

Artikel tersebut berjudul "Selain Jack Ma, Habib Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona".

Terlihat pula tulisan dalam foto itu yang berbunyi: "MashaAllah IB HRS Sumbang Dana Untuk Pandemi Corona".

Sejak bidikan layar tersebut dibagikan, telah mendapat 2 komentar dan dibagikan sebanyak 48 kali.

Lantas, benarkah Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan pandemi virus corona COVID-19?

Unggahan "Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, informasi tersebut tidak benar. Bidikan layar artikel yang dibagikan sumber merupakan hasil manipulasi.

Sejatinya, artikel tersebut merupakan pemberitaan situs CNBC Indonesia bertajuk "Selain Jack Ma, Tzu Chi Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona" yang dimuat pada 19 Maret 2020.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Yayasan Buddha Tzu Chi menggalang dana senilai Rp 500 miliar untuk memerangi virus corona.

Penjelasan Unggahan "Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". (turnbackhoax.id)

Tzu Chi bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bahkan telah menyalurkan bantuan berupa alat pelidung diri (APD) ke sejumlah rumah sakit rujukan virus corona di DKI Jakarta seperti RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianto Saroso, Rabu (18/3).

Artikel serupa juga muncul dalam situs Suara.com berjudul "Perangi COViD-19, Pengusaha KADIN dan Tzu Chi Galang Dana Rp 500 Miliar".

Penjelasan Unggahan "Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". (ist)

Sementara itu, foto Habieb Rizieq bersama sejumlah orang tersebut merupakan dokumentasi lama yang sempat viral pada 2016.

Dalam foto itu, Habieb Rizieq bersama sejumlah pengusaha Indonesia termasuk Romy Winata dan pemilik Talesindo, Hengky Setiawan.

Penjelasan Unggahan "Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Unggahan yang mengklaim Habieb Rizieq menggalang dana Rp 500 miliar untuk melawan virus corona adalah palsu. Sumber sengaja memanipulasi konten dengan mengedit foto dan menambahkan narasi menyesatkan.

Hasil cek fakta, konten ini tidak ada kaitan antara Habieb Rizieq dengan pemberitaan mengenai galang dana untuk pandemi virus corona. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?