Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 29 Maret 2020 | 16:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jakarta dikenal dengan kepadatan penduduknya dan kemacetan lalu lintas. Namun wajah Jakarta berubah saat pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona jenis baru SARS-CoV-2 tiba.

Netizen mengunggah potret Jakarta sebelum dan sesudah kehadiran pandemi virus corona COVID-19 ini. Potretnya menampilkan wajah Jakarta yang sangat kontras.

Adalah akun Twitter @ryan_nus yang pertama kali membuat thread potret Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona COVID-19. Thread tersebut ia buat dan unggah pada Selasa (24/3/2020) lalu dan langsung menjadi viral di Twitter.

Dalam potret tersebut, netizen ini memamerkan wajah beberapa daerah di sudut Jakarta yang kerap kali diramaikan oleh berbagai aktivitas warganya.

Tidak bisa dipungkiri, Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang merasakan betul dampak besar dari pandemi virus corona COVID-19 yang kini mulai menjalar ke berbagai kota lainnya.

Jakarta bahkan masuk dalam kategori zona merah di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini. Seperti apa wajah ibukota ini?

Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat yang dikenal sebagai jantung kota mendadak sepi tanpa kendaraan lalu lalang. Macet yang sering menjadi kawan penduduk ibukota, bahkan tidak lagi dirasakan.

Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona. (twitter/ryan_nus)

Daerah Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat yang sering kali diramaikan oleh kendaraan dan warga, nampak kosong sepi layaknya kota mati. Sementara, tidak lagi ada penumpang kereta yang keluar dari stasiun tersebut.

Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona. (twitter/ryan_nus)

Jika biasanya jalanan daerah Kuningan City, Jakarta Selatan selalu diramaikan dengan berbagai kendaraan yang terburu-buru namun terjerat macet, semenjak pandemi virus corona COVID-19 menyebar, jalanan ini justru nampak sangat sepi.

Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona. (twitter/ryan_nus)

Kolong Semanggi, Jakarta Pusat yang tiap harinya selalu padat mendadak kosong. Tidak banyak aktivitas warga yang terlihat melewati daerah tersebut kini.

Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona. (twitter/ryan_nus)

Dampak pandemi virus corona COVID-19 tentu saja mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Ibukota yang tidak pernah tidur, sepertinya mengambil waktu istirahat panjang dari keramaiannya.

Hingga kini, banyak pihak masih dalam upaya untuk menemukan penawar dan penanganan yang baik untuk pandemi virus corona COVID-19 yang kian hari makin mengancam ini. Salah satu hal yang bisa warga lakukan untuk mendukung usaha ini adalah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Unggahan thread potret Jakarta sebelum dan sesudah pandemi virus corona COVID-19 ini telah menjadi viral di Twitter dan mendapat lebih dari 7.000 retweets dan 18 ribu likes dari netizen.

Catatan dari Redaksi:
Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 1,5 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

BACA SELANJUTNYA

Tarif Tol Jogja-Jakarta Terbaru 2023, Lengkap dengan Cara Top Up Saldo E-Toll