Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Maret 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan aplikasi yang bisa melacak penyebaran COVID-19. Yakni aplikasi PeduliLindungi yang sudah disiapkan Kominfo.

Kini aplikasi PeduliLindungi dari Kominfo ini sudah tersedia di Google App Store untuk para pengguna Android.

Dalam proses pembuatannya, Kominfo juga bekerjasama dengan seluruh operator telekomunikasi di Indonesia, termasuk Smartfren.

Terkait dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi, Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Special Project Smartfren menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut, dan bentuk dukungan yang diberikan oleh pihaknya.

"Aplikasi (PeduliLindungi) dibuat dan dioperasikan oleh Kominfo. Selanjutnya, operator akan mengirimkan info berdasarkan MDN (Mobile Device Number/nomor ponsel) yang diminta oleh Kominfo," terang Munir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3/2020).

Logo Smartfren. (Smartfren)

Nantinya setelah data diserahkan kepada Kominfo, lanjut Munir, maka pemerintah-lah yang akan melanjutkan prosedur berikutnya.

Sedangkan untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona, Smartfren beserta operator telekomunikasi lainnya sepakat untuk memberikan pesan berantai lewat SMS kepada para pelanggan.

"Operator akan mengirimkan broadcast reminder atgar masyarakat menjauhi kerumunan (keramaian)," tutup Munir.
 
 Itulah kesiapan Smartfren dalam rangka mendukung aplikasi PeduliLindungi yang telah disiapkan Kominfo untuk melacak penyebaran COVID-19. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Gandeng Universitas Terkemuka di Indonesia, Yandex Gelar Kampanye Kecerdasan Buatan