Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Maret 2020 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar informasi yang mengklaim kalau menaruh obat Amoxicillin ke tandon air bisa mencegah virus corona baru penyebab COVID-19. 

Informasi tentang Amoxicillin ini viral di media sosial. Sejumlah netizen juga mengunggahnya ke story atau status Whatsapp.

Dalam pesan tersebut terihat foto dua boks obat Amoxicilin dengan ditambahi narasi sebagai berikut.

"Pesan dari habib Ja'far bin Muhammad bin Hamid, taruh 2 biji obat amoxicilin kedalam tandon air di rumah, jangan dilogika karena ini yang juga disampaikan kepada pak Luhut Binsar Panjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah kepresidenan dan dinas-dinas lain,"

Benarkah meletakkan obat Amoxicillin  di tandon air dapat mencegah virus corona?

Cek Fakta, Obat Amoxicilin di tandon air cegah virus corona (twitter)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Suara.com, Minggu (29/3/2020), informasi yang mengklaim bahwa obat Amoxicillin dapat mencegah Covid-19 dengan meletakkannya dalam tandon air adalah keliru.

Sebagaimana dijelaskan dr. Irfan Helmi, bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Hal ini disampaikannya dalam cuitan di Twitter.

"Ini hoax ya teman-teman. Covid ini virus bukan bakteri. Amoxcillin ini obat antibakteri," tulis @helmihelmi, akun Twitter milik dr. Irfan Helmi.

"Pemakai seperti ini bisa meningkatkan risiko resistensi bakteri terhadap antibiotik tersebut, sehingga kalau sakit tidak mempan lagi diobati ini. Dan juga membunuh flora normal," imbuhnya.

Penjelasan Cek Fakta, Obat Amoxicillin di tandon air cegah virus corona (twitter/helmihelmi)

Penjelasan serupa juga disampaikan oleh Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari.

Penjelasan Keri dimuat dalam artikel berjudul "Hoaxbuster: Heboh Obat Amoxicillin Ditampung di Tandon Air untuk Cegah Corona" yang dimuat oleh Kumparan. Berikut ini kutipannya.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari, mengatakan, tidak ada keterangan yang jelas soal fungsi tandon air yang dicampur amoxicillin dalam pesan tersebut. Menurutnya, jika memang untuk membunuh virus, harus jelas mekanismenya.

"Yang kedua, amoxcillin ini bukan untuk virus. Nah, sementara amoxicillin itu [obat] antibiotik yang sudah resisten (kebal) terhadap bakteri juga," ungkapnya kepada kumparan, Minggu (29/3).

Penjelasan Cek Fakta, Obat Amoxicillin di tandon air cegah virus corona adalah hoaks (Tangkapan layar Kumparan)

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak pernah mengeluarkan pernyataan sebagaimana klaim tersebut di media.

Kesimpulan

Jadi, informasi yang menyebutkan bahwa menampung obat amoxcillin di tandon air dapat mencegah Covid-19 termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau Misleading Content.

Itulah hasil cek fakata pada informasi yang mengklaim menaruh obat Amoxicillin di tandon air bisa mencegah virus corona, yang ternyata tidak benar dan tergolong menyesatkan. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi:

https://twitter.com/helmihelmi/status/1243762396977483780

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-heboh-obat-amoxicillin-ditampung-di-tandon-air-untuk-cegah-corona-1t7NwoCdfk6

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Asnawi Mangkualam Resmi ke Real Madrid Usai Tampil Apik, Benarkah?