Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 02 April 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen Twitter belum lama ini dibuat heboh dengan unggahan surat wasiat Bung Hatta yang diunggah oleh cucu Wakil Presiden Indonesia pertama ini. Berisi permintaannya untuk lokasi pemakaman, surat wasiat Bung Hatta ini sukses membuat netizen merinding.

Menjadi viral di Twitter, unggahan surat wasiat Bung Hatta ini diunggah netizen pemilik akun @Gustika pada Selasa (31/3/2020) lalu.

Dalam postingan tersebut, nampak cucu Bung Hatta mengunggah salinan surat wasiat Bung Hatta yang ditujukan kepada anak cucunya jika sang pejuang kemerdekaan Indonesia ini wafat.

"Bude dan kakak baru menemukan salinan surat wasiat Datuk, nih. Coba dipastikan keaslian tulis tangannya" tulis @Gustika dalam cuitannya.

Nampak dalam surat wasiat tersebut, Bung Hatta menyampaikan keinginannya untuk dikuburkan di Jakarta, sebagai tempat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Surat wasiat Bung Hatta. (twitter/Gustika)

Bukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Bung Hatta justru ingin agar dikuburkan di tempat kuburan rakyat biasa. Dirinya ingin bersama rakyat yang nasibnya ia perjuangkan sepanjang umurnya.

"Surat wasiat, apabila saya meninggal dunia, saya ingin dikuburkan di Jakarta, tempat diproklamasikan Indonesia merdeka. Saya tidak ingin dikubur di makam pahlawan. Saya ingin dikubur di tempat kuburan rakyat biasa, yang nasibnya saya perjuangkan seumur hidup saya," tulis isi surat wasiat yang dibuat tahun 1975 ini.

Membuat merinding sekaligus haru, unggahan mengenai surat wasiat Bung Hatta ini lalu mendapat berbagai komentar netizen.

"Merinding bacanya, semoga mendapatkan kedamaian kekal Bung Hatta" tulis akun @AnjarDarto.

Surat wasiat Bung Hatta. (twitter/Gustika)

"Apa yang diharapkan mendiang dalam surat wasiatnya sudah terlaksana. Semoga diberikan kediaman abadi yang terbaik bagi beliau" balas netizen dengan akun @yofanny.

"Jadi terharu bacanya" komentar pemilik akun @thenameoflight.

Diketahui, sesuai surat wasiatnya, Bung Hatta dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, Indonesia.

Unggahan mengenai surat wasiat Bung Hatta yang bikin merinding telah menjadi viral di Twitter hingga mendapat lebih dari 700 retweets dan ratusan balasan netizen.

BACA SELANJUTNYA

Gadis Bikin Tutorial Membuat Cemilan Cilok Babi, Netizen: Kalau Gini Halal Apa Haram Ustadz?