Selasa, 27 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 05 April 2020 | 15:42 WIB

Hitekno.com - Selama masa karantina di Indonesia, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dengan Gojek memastikan masyarakat akan semakin mudah mendapatkan bahan pangan

 Perusahaan startup on-demand terdepan di Asia Tenggara tersebut menjadi perusahaan swasta pertama yang digandeng untuk memastikan distribusi pangan lancar selama masa pandemi.

Kerja sama ini sejalan dengan prioritas Kementerian Pertanian untuk menjaga pasokan dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta hari ini (3/4).

Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo memaparkan, “Dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, Kementerian Pertanian memiliki tiga kebijakan utama, salah satunya menjaga ketersediaan kebutuhan bahan pangan pokok. Memahami adanya kondisi dimana masyarakat harus beraktivitas dari rumah dan tidak bisa bepergian dengan leluasa untuk membeli bahan pangan, kami melihat kerja sama dengan Gojek akan sangat membantu masyarakat tetap mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga terjangkau. Mereka bisa memesan dari rumah, dan mitra driver yang akan membeli di Pasar Mitra Tani/TTIC  dan mengantarkannya. Kami juga percaya kolaborasi ini akan bisa membantu upaya menekan penyebaran COVID-19 selama masa pandemi.”

Kementerian Pertanian Gandeng Gojek, Pastikan Distribusi Pangan Lancar. (Gojek)

 

Sementara itu, Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho memaparkan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Gojek menjadi garda terdepan dalam memperkuat penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Sebagai anak bangsa, kami terpanggil untuk terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam melewati masa sulit ini. Kami sangat mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian yang menggandeng kami sebagai layanan on-demand pertama yang berinovasi membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok yang mereka butuhkan,” ujar Shinto.

Kementerian Pertanian Gandeng Gojek, Pastikan Distribusi Pangan Lancar. (Gojek)

 

Shinto menambahkan, “Selama masa pandemi COVID-19 ini mitra driver kami telah menjadi penolong utama bagi masyarakat. Tidak hanya membantu mendapatkan makanan, obat-obatan, dan barang kebutuhan lainnya, kini mereka juga membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan. Supaya mereka tetap sehat dan aman dari risiko COVID-19, kami telah menyediakan hand sanitizer masker, vitamin serta desinfektan kendaraan untuk mitra driver kami.“

Gojek telah menyediakan ratusan ribu paket kesehatan dan perlindungan diri (safety kit) yang dibagikan di lebih dari 1.300 titik kepada puluhan ribu mitra driver, di lebih dari 80 kota di seluruh Indonesia. Paket kesehatan dan perlindungan diri tersebut berupa masker, hand sanitizer, vitamin, serta penyemprotan desinfektan pada sepeda motor dan mobil mitra driver.

BACA SELANJUTNYA

Bentuk Apresiasi, Gojek Berikan Beasiswa Kuliah untuk Putra dan Putri Mitra