Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 10 April 2020 | 12:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat kamu membuka aplikasi Gojek, apakah ada yang merasa janggal? Yap layanan GoRide yang sebelumnya bersanding dengan GoCar di menu utama kini tak ditemukan lagi.

Berdasarkan pandangan mata Suara.com, Jumat pagi (10/4/2020), tampilan utama aplikasi Gojek hanya mencantumkan ikon GoCar, GoFood, GoShop, GoSend, GoMart, GoMed, dan GoNearby.

Kemungkinan, hilangnya GoRide dari aplikasi Gojek merupakan bentuk respon perusahaan terhadap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tangkapan layar aplikasi Gojek dengan GoRide. [Screenshot Suara.com]

Pasalnya, salah satu butir aturan dalam PSBB menyebutkan bahwa layanan ojek online tidak diperbolehkan membawa penumpang selama periode dan area-area yang ditetapkan dalam aturan PSBB.

"Untuk kendaraan roda dua, maka kendaraan roda dua ini juga diizinkan untuk menjadi sarana angkutan, sekali lagi, hanya dibolehkan sebagai angkutan untuk memenuhi kebutuhan pokok atau memang bekerja di sektor yang diizinkan. Tanpa itu maka dilarang menggunakan kendaraan roda dua," terang Anies.

Tampaknya, setelah disurvei Suara.com, hilangnya layanan GoRide berlaku di Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, di daerah yang tidak terkena ketentuan PSBB, layanan aplikasi Gojek masih normal termasuk di dalamnya tersedia layanan GoRide.  Hingga berita ini ditayangkan, pihak Gojek sendiri belum mengonfirmasi atau menjelaskan alasan hilangnya menu GoRide dari aplikasi.

Tangkapan layar aplikasi Grab, dari Grab Ride dialihkan ke Grab Car. [Screenshot Suara.com]

Di sisi lain, aplikasi ride hailing lainnya sekaligus rival Gojek, yaitu Grab, masih menampilkan layanan ojek online miliknya, GrabBike. Namun untuk beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya, setelah calon penumpang melakukan pemesanan dan memilih lokasi tujuan, aplikasi Grab mengalihkannya ke layanan GrabCar. (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Layanan Hemat, Upaya Gojek Perluas Pasar sekaligus Dorong Peluang Pendapatan Mitra