Selasa, 14 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 15 April 2020 | 18:53 WIB

Hitekno.com - Aplikasi video TikTok kian meningkat meski di tengah pandemi COVID-19, aplikasi buatan developer China ini kini sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali di sistem operasi Android saja. 

Memang pada November 2019 lalu, Sensor Tower yang mengamati dan menganalisis pasar aplikasi mobile, menyebutkan bahwa jumlah unduhan TikTok sudah melewati angka 1,5 miliar. Tetapi itu adalah kombinasi antara jumlah download di iOS dan Android.

Sementara pada Maret 2020 kemarin, TikTok sudah menduduk peringkat kedua di daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play Store.

Sejak sebagaian besar tempat di dunia dikarantina karena wabah Covid-19, popularitas TikTok memang terus naik. Orang-orang yang terkurung di dalam rumahnya sendiri kini memanfaatkan TikTok untuk berkreasi dan berekreasi.

Ilustrasi aplikasi TikTok di Play Store. (Google Play Store)

Alhasil, TikTok pada Maret lalu mengumumkan akan menurunkan resolusi videonya di Eropa. Selama sebulan, pengguna TikTok di Eropa tak lagi bisa menyaksikan video berkualitas HD di aplikasi tersebut.

TikTok juga termasuk aktif melawan Covid-19. Pada awal bulan ini, TikTok mengumumkan akan mengucurkan bantuan senilai lebih dari Rp 5 triliun untuk membantu negara-negara melawan Covid-19.

Indonesia juga termasuk negara yang menerima bantuan TikTok. Donasi sebesar Rp 100 miliar diberikan TikTok untuk membantu petugas medis Indonesia memperoleh peralatan yang aman saat merawat pasien Covid-19.(Suara.com/Liberty Jemadu)