Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 April 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar postingan media sosial dengan narasi yang mengklaim Presiden China Xi Jinping mengakui kehebatan Indonesia dalam mengendalikan situasi saat pandemi virus corona.

Bahkan dalam postingan ini, mengklaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut dinobatkan sebagai pemimpin pertama yang mampu mengendalikan situasi ditengah pandemi corona.

Narasi tersebut dimuat oleh akun Facebook Kiky Day. Berikut isi narasinya:

"Presiden RI. Ir H: Joko Widodo.
Di Nobatkan Pemimpin Petama Yg Sangat Mampu Mengendalikan Situasi Terkini atas Covid 19

Presiden China Xi Jin Ping Menyebut Presiden RI sangat Luar Biasa.

Mampu Mengayomi Seluruh Rakyat Indonesia Dengan Kualitas Yg Tidak Bisa Di Anggap Enteng Oleh Negara Laen

Dari Sekian Negara2 Tetangga Termasuk Australia,, masih di bawah Indonesia

Padahal Australia Sudah Lebih Dulu Terkena Wabah Virus Corona.

Hanya Negara Indonesia Yg Mampu Mengendalikan Penyakit Mematikan Itu, ujar Persiden Xi Jin Ping Di Kantornya, China Negara Maju, Tapi Indonesia Mampu Menyainginya.

Semua Negara Menjadi Tercengang dengan kemampuan Indonesia saat Ini. Presiden Jokowi Selalu Jadi Perbincangan hangat berbagai Negara Saat Ini.

Selamat Bertugas Presiden RI Doa Rakyat Yg Baik Selalu Menyertaimu".

Benarkah klaim dalam narasi tersebut?

Cek Fakta: China Sebut Indonesia Paling Mampu Kendalikan Corona (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (15/4/2020), klaim tersebut tidak benar. Akun tersebut telah memelintir percakapan Xi Jinping dengan Jokowi melalui telepon yang membahas mengenai kerjasama penanganan Covid-19.

Percakapan Jokowi dan Xi Jinping dimuat dalam portal berita Tagar.id dengan juduk artikel 'Percakapan Jokowi dan Xi Jinping soal Wabah Corona'.

Dalam percakapan tersebut, tidak ada pernyataan Xi Jinping yang menyebut Jokowi sebagai pemimpin pertama paling mampu mengendalikan corona.

Cek Fakta: China Sebut Indonesia Paling Mampu Kendalikan Corona (turnbackhoax.id)

Presiden China Xi Jinping menyampaikan rasa prihatin atas wabah corona yang juga menyebarluas di Indonesia. Xi Jinping juga menceritakan pengalaman negaranya dalam memerangi virus corona.

Selain itu, media Detik juga memberitakan percakapan antara Jokowi dengan Xi Jinping dengan artikel berjudul 'Xi Jinping Telepon Jokowi, Semangati Indonesia Bisa Menang Lawan Corona'.

Kesimpulan

Hasil cek fakta klaim yang menyebutkan Xi Jinping menobatkan Jokowi sebagai pemimpin yang paling mampu mengendalikan virus corona tidak benar. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

Grab Dapatkan Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU RI