Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 April 2020 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar informasi lewat pesan berantai yang mengklaim kalau garam dapur (NaCL) bisa melawan virus corona COVID-19. Pesan ini mengklaim juga sebagai hasil eksperimen pribadi.

Lewat pesan berantai tersebut, diklaim dengan memasukkan sedikit garam dapur ke mulut lalu melarutkan dan menelannya perlahan saat merasakan leher tidak enak dan terasa kering.

Garam selain sebagai penyedap dan pengawet makanan juga diklaim dapat membasmi kuman dan sakit kulit, bahkan sebagai senjata melawan virus corona. Hanya dalam 1/2 hari tenggorokan yang sakit dapat sembuh.

Konten hoaks garam bisa melawan corona.(Jalahoaks)

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran dan cek fakta, seperti dikutip Suara.com dari laman Jalahoaks, Kamis (16/4/2020), garam memang telah terkenal sebagai bahan antiseptik alami.

Seperti dilaporkan dalam manado.tribunnews.com (21/03/2020) berkumur dengan air garam memang memiliki khasiat membantu menyamankan tenggorokan.

Namun hingga kiwari, belum ada bukti medis yang menyatakan bahwa berkumur dengan garam dapat membantu menangkal atau mengusir infeksi dari serangan virus corona.

“Tidak ada bukti sama sekali bahwa air garam akan melindungi diri kita dari infeksi virus corona. Jadi, jangan mengandalkan pendekatan ini,” ujar Dr. Michael Head, Senior Research Fellow in Global Health, University of Southampton.

Begitupun informasi dalam beritakini.co (05/02/2020), Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur, dr. Annisa Sutera Insani, SpP menjelaskan bahwa belum ada penelitian tentang kegunaan air garam untuk pencegahan masuknya virus melalui tenggorokan.

Sementara dalam gaya.tempo.co (02/04/2020), Profesor Biologi di Universitas Hope Liverpool, Perpetua Emeagi, mengatakan virus corona tidak akan hidup di tenggorokan namun akan langsung mempengaruhi seluruh saluran pernapasan.

“Virus ini menargetkan satu tujuan, yaitu paru-paru. Jadi, sia-sia jika berkumur dengan air garam,” katanya.

KESIMPULAN

Informasi bahwa garam dapur (NaCl) dapat melawan virus Corona, adalah tidak benar. Dari hasil cek fakta, belum ada bukti medis yang menyatakan berkumur dengan garam dapat menangkal serangan virus corona. (Suara.com/ Rendy Adrikni Sadikin).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100