Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 19 April 2020 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selain rajin mencuci tangan, Organisasi Kesehatan Duia (WHO) juga menyarankan untuk menjaga jarak fisik sekitar 1,5 hingga 2 meter demi mencegah penyebaran virus corona. 

Sebagian besar negara, umumnya menggunakan perkirakan jarak dengan benda ataupun hewan terkenal di negara tersebut agar memudahkan masyarakat. Contohnya, Australia membuat himbauan untuk menjaga jarak setidaknya sekitar sebesar kangguru dewasa atau tiga ekor koala dewasa.

Hal itu tampaknya juga dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Dalam unggahan Instagram @usembassyjkt pada 9 April, akun resmi tersebut mengunggah foto ilustrasi yang meminta masyarakat untuk jaga jarak sekitar ukuran komodo dewasa.

"Jangan lupa untuk terus #JagaJarak aman jika kalian harus berinteraksi di luar rumah. Seperti apa sih jarak aman tersebut? Simak infografis ini untuk jawabannya," tulis akun @usembassyjkt.

Dalam foto yang diunggah memiliki tulisan "#JagaJarak paling tidak sepanjang ukuran rata-rata komodo dewasa" dan terlihat seorang lelaki berdiri dengan jarak 2 meter dengan perempuan.

Namun, banyak warganet yang dibuat salah fokus dengan unggahan ini. Sebagian besar warganet mempertanyakan kedewasaan seekor komodo dan bagaimana cara mengukurnya.

Unggahan itu pun dibagikan kembali oleh akun Twitter @cho_ro pada 14 April.

"Bagaimana cara mengukur kedewasaan komodo?" tulis pemilik akun @cho_ro dalam kolom keterangan.

Ukuran jaga jarak. [Twitter]

Unggahan tersebut dibagikan sebanyak lebih dari 395 kali ke sesama pengguna Twitter.

"Dengan cara melihat bagaimana komodo bersikap dalam suatu masalah," tulis @Untamed98X.

"Kalau komodo panjangnya 2 meter, siapa tau tau itu komodo masih bocah tapi emang bongsor aja badannya," komentar @haenisari.

"Dewasa kalau udah nggak main-mainin perasaan orang lagi," tambah @debbypermata.

"Seandainya analoginya pakai buaya, saya yakin semua jaga jarak nggak pake hitungan. Apalagi buaya darat," cuit @chai_sy.

"Ini komodo dikira cicak kali ya, ada di mana-mana," ungkap @yosepurnawan.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

25 Ribu Email WHO, NIH dan Gates Foundation Dicuri Neonazi