Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 20 April 2020 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kartu Pra Kerja merupakan program pemerintah yang dibuat khusus dengan tujuan untuk membantu tenaga kerja yang terdampak wabah virus corona atau COVID-19. Batch kedua untuk program ini akan segera dimulai, berikut cara daftar Kartu Pra Kerja.

Program Kartu Pra Kerja ini resmi diperkenalkan pada Jumat (20/3/2020) lalu dan dijalankan untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang diprediksi mencapai 7 juta orang.

Mengutip Suara.com, Kartu Pra Kerja nantinya menyediakan berbagai kursus online gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kartu Pra Kerja diharapkan dapat menjadi solusi brilian saat maraknya Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja, pastikan kamu WNI berusia 18 tahun ke atas dan tidak menempuh pendidikan formal. Pekerja yang baru saja terkena PHK bisa langsung mengikuti program Kartu Pra Kerja ini.

Cukup menguntungkan, tidak membutuhkan waktu yang lama, berikut cara daftar Kartu Pra Kerja dengan mudah dan praktis. Jangan lupa untuk menyiapkan identitas diri seperti KTP ya.

1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke situs www.prakerja.go.id, selanjutnya daftar akun dengan mengisi email dan password.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

2. Cek email kamu untuk menerima pesan verifikasi yang nantinya akan mengarah langsung ke laman utama www.prakerja.go.id. Jika verifikasi akun sudah dilakukan, maka kamu sudah secara resmi memiliki akun di situs resmi Kartu Pra Kerja.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

3. Selanjutnya, kamu perlu melakukan verifikasi KTP dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan atau NIK serta tanggal lahir. Setelah itu, isi formulir data diri yang diberikan.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

4. Berikutnya, kamu perlu mengunggah foto KTP serta selfie dengan menyertakan KTP. Ingat, foto harus berukuran di bawah 2 MB dengan formal JPEG. Perhatikan bingkai kamera agar verifikasi berjalan lancar ya. Tahap selanjutnya adalah mengisi nomor pribadi sebelum kemudian diminta mengisi kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

5. Langkah terakhir adalah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar berisi 18 soal dengan durasi 25 menit. Pastikan koneksi internet kamu stabil ya.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

7. Jika semua step bisa kamu ikuti, pastikan untuk mengklik pilihan 'Gabung' di laman terakhir ya. Dengan cara itu, kamu akan secara resmi menjadi calon peserta Kartu Pra Kerja sambil menunggu hasil evaluasi.

Cara daftar Kartu Pra Kerja. (prakerja.go.id)

Itu tadi cara daftar Kartu Pra Kerja, pelajari setiap step-nya lalu bersiap untuk mendaftar Kartu Pra Kerja pekan depan ya.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?