Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 20 April 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang netizen dengan akun @akungangeninn membuat thread viral mengenai teror yang ia alami usai video call menggunakan zoom. Netizen ini lalu dibuat bertanya-tanya dan penasaran, apakah hal tersebut merupakan tanda perangkat miliknya diretas?

Thread viral buatan @akungangeninn ini diunggah dan menjadi buah bibir di Twitter usai dibuat pada Sabtu (18/4/2020) lalu. Dalam thread yang ia buat, netizen ini mengaku panik dan tidak dapat berbuat apa-apa saat teror tersebut ia alami.

''Barusan banget HP gua diretas parah gila serem banget'' tulis netizen ini mengaku.

Menurutnya, kejadian ini bermula usai dirinya menggunakan zoom untuk video call. Takut diretas, tanpa menggunakan email apapun, gadis ini lalu masuk ke room zoom untuk video call.

Usai video call, dirinya lalu membuka berbagai Insta Story di Instagram miliknya. Tiba-tiba dirinya mengaku tidak lagi bisa mengendalikan smartphone miliknya tersebut. Sempat tenang, gadis ini beranggapan bahwa smartphone miliknya hanya mengalami lag.

Teror usai video call pakai Zoom. (twitter/akungangeninn)

Namun, tiba-tiba smartphone miliknya tersebut malah bergerak sendiri ke kolom reply untuk membalas Insta Story yang ia saksikan. Panik, gadis ini lalu sadar bahwa dirinya diretas.

Dirinya mengaku bahwa oknum yang tidak diketahui ini beberapa kali mencoba membuka password smartphone miliknya. Untuk menghentikan aksi ini, dirinya lalu mengeluarkan SIM card dari perangkat tersebut agar tidak lagi terkoneksi dengan internet.

Teror usai video call pakai Zoom. (twitter/akungangeninn)

''Iya pokoknya gais, asli jangan pakai Zoom di HP, atau di perangkat apapun yang banyak data penting udah hapus tu zoom di HP'' tulisnya melanjutkan.

Mengenai kasus ini, entah hal ini benar tanda bahwa smartphone diretas atau tidak. Selain itu, tidak ada bukti pasti bahwa aksi diretas ini berhubungan atau tidak dengan aplikasi video call, Zoom.

Teror usai video call pakai Zoom. (twitter/akungangeninn)

Di tengah masa pandemi virus corona, tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi Zoom begitu mencuri perhatian dan marak digunakan. Seiring kepopulerannya, aplikasi ini disebut-sebut mencuri data pengguna. Namun, hal tersebut masih belum diketahui dengan pasti.

Terlepas dari benar atau tidaknya, thread viral mengenai netizen yang alami teror usai video call pakai Zoom ini sudah mendapat lebih dari 38 ribu retweets dan ribuan balasan. Untuk menjaga data pribadi, tetap bijak dalam menggunakan aplikasi-aplikasi ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Zoom PHK Massal 1.300 Karyawan danpak WFH Mulai Ditinggalkan