Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 April 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang asyik main bola bersama anaknya. Postingan tersebut mengklaim Anies malah asyik main bola bersama anaknya saat pemerintah sibuk menangani pandemi virus corona.

Klaim foto Anies Baswedan tersebut diunggah oleh akun Facebook Mustafa Sarumbu.

Berikut isi narasinya:

"Di tengah pemerintah sibuk melawan corona, Anies sibuk main bola dengan anaknya emang Anies nggak punya hati."

Benarkah klaim tersebut?

Benarkah Anies malah asyik main bola saat pemerinah sibuk perangi corona? (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (22/4/2020), klaim yang dinarasikan oleh akun tersebut adalah salah.

Foto tersebut merupakan foto lama yang dinarasikan ulang oleh akun dengan mengaitkannya dengan situasi wabah virus corona.

Dari penelusuran gambar, foto Anies sedang bermain bola bersama anaknya itu merupakan foto pada 2016 silam. Foto tersebut menunjukkan aktivitas Anies setelah tak lagi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Benarkah Anies malah asyik main bola saat pemerinah sibuk perangi corona? (Turnbackhoax.id)

Foto tersebut juga telah dimuat dalam media Tribunnews.com dengan judul artikel 'Tak Lagi Jadi Menteri, Ini yang Dilakukan Anies Baswedan. Lihat Foto-Fotonya!'. Artkel tersebut dimuat pada 31 Juli 2016.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa foto Anies itu diambil dari akun Facebook bernama Kelly Atan. Setelah ditelusuri, akun tersebut memang benar mengunggah foto Anies sedang bermain bola pada 29 Juli 2016.

Kesimpulan

Dari hasil cek fakta dan penelusuran yang telah dilakukan, klaim yang menyebutkan Anies asyik bermain bola bersama anaknya di tengah kesibukan pemerintah memerangi virus corona adalah tidak benar. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

Ganjar Pranowo Dipanggil Jokowi ke Istana, Netizen: Pendukung Anies Sedih Melihat Ini