Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 24 April 2020 | 06:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Inginc ari aplikasi untuk rapat online tapi bukan aplikasi Zoom? Kini Google Meet telah memperbarui diri jadi mirip dengan aplikasi Zoom.

Google Meet merilis empat fitur baru, salah satunya tampilan mirip platform telekonferensi video Zoom yang menampilkan 16 peserta sekaligus dalam satu layar.

Sebelumnya, Google Meet hanya memungkinkan tampilan empat peserta dalam layar, sehingga pembaruan tersebut menjadi peningkatan signifikan, meskipun aplikasi Zoom bahkan dapat menampilkan 49 peserta sekaligus dalam layar.

Penambahan fitur tersebut, menurut Director of Product Management, Google Meet, Voice & Calendar, Smita Hashim, dikarena semakin banyak orang yang terhubung di Google Meet setiap harinya dan empat fitur baru yang dirilis diharap dapat membuat pengguna menjadi lebih produktif.

"Selama beberapa minggu terakhir, kami telah memperluas fitur Meet untuk semua pelanggan G Suite sehingga mereka bisa mendapatkan yang terbaik dari Meet," ujar Smita dalam postingan di blog resmi Google, Rabu (22/4/2020).

Mirip aplikasi Zoom, Google Meet kini bisa tampung 16 orang di satu layar. [Antara/Dok Google]

"Fitur-fitur ini menggunakan teknologi, seperti Google AI untuk meningkatkan kualitas pertemuan dan pengalaman pengguna, dan secara bertahap akan diluncurkan ke pelanggan secara global, mulai hari ini," dia melanjutkan.

Selain tampilan layar untuk 16 peserta sekaligus, pengguna Google Meet kini memiliki opsi untuk menampilkan secara langsung tab Chrome. Fitur dengan nama present a Chrome tab dapat menyajikan konten video dengan kualitas audio yang lebih baik.

Fitur baru lainnya adalah mode minim cahaya. Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), Google Meet akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan tampilan video meski dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Fitur Google Meet ini saat ini diluncurkan untuk pengguna seluler, dan nantinya akan tersedia untuk pengguna web.

Untuk membantu mengurangi gangguan rapat, Meet kini memiliki fitur penyaring kebisingan -- seperti suara keyboard saat pengguna mengetik catatan rapat.

Fitur ini akan mulai diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang untuk pelanggan G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education dimulai dengan pengguna web dan kemudian ke pengguna seluler.

Itulah udpate baru untuk Google Meet yang bisa menampilkan 16 orang sekaligus. Bakal jadi saingan aplikasi Zoom untuk rapat online. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Onderdil Kamera Buatan LG Ini Bikin Ponsel Tak Punya Benjolan di Belakang Bodi