Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 24 April 2020 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar video viral yang mengklaim adanya kericuhan di kawasan Mangga Dua Square, Jakarta. Dalam video disebut-sebut sebagai rencana aksi penjarahan Mangga Dua Square, Jakarta.

Video viral tersebut diunggah oleh akun Facebook Edwin. Berikut isi narasinya:

"Mau dijarah Mangga Dua Square… pantesan aja kemarin ada lihat banyak TNI yg jaga…baguslah dijaga…mampusin aja tuh yg resahin org…. Makanya buat pak menteri Yosana… ini SALAH LANGKAH yg anda ambil….bukan masalah gak ngerti Pancasilanya…. gunung tetaplah gunung…. Napi2 mana bisa sadar kalo kelakuannya gak bisa hilang."

Benarkah klaim tersebut?

Beredar video Mangga Dua Square mau dijarah (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (23/4/2020), klaim yang menyebutkan akan terjadi aksi penjarahan di Mangga Dua Square adalah salah. Hal tersebut telah dibantah oleh pihak manajemen dan juga kepolisian.

Akun Instagram resmi @mangga2square menegaskan tidak ada aksi penjarahan di kawasan Mangga Dua Square. Klaim yang beredar tersebut adalah kabar hoaks atau bohong.

Beredar video Mangga Dua Square mau dijarah (Turnbackhoax.id)

"Klarifikasi sempat beredar kabar yang mengatakan bahwa Mangga2Suare akan dijarah. Pihak Mangga2Suare ingin mengklarifikasi bahwa berita tersebut tidak benar adanya," tulisnya.

Menurut pihak manajemen, video viral tersebut hanyalah aksi keributan orang luar di area Mangga Dua Square. Dalam insiden tersebut tidak ada korban terluka maupun aset Mangga Dua Square yang rusak.

Sementara itu pihak kepolisian juga telah membantah klaim yang beredar. Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian menegaskan klaim tersebut hoaks.

"Hoaks itu. Kejadian hanya keributan orang luar di area Mangga Dua Square," tegasnya.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran dan cek fakta yang telah dilakukan, klaim yang menyebutkan Mangga Dua Square akan dijarah tidak benar. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo Cium Arya Saloka di Depan Media?