Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 25 April 2020 | 08:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Memasuki bulan Ramadan, kita biasanya sangat bersemangat dalam melakukan amal dan menuntut ilmu. Agar lebih bersemangat menuntut ilmu, rekomendasi 8 channel YouTube ini bisa kamu tonton di bulan Ramadan.

Mengingat kita juga berada pada masa pandemi, alangkah baiknya jika kita melakukan social distancing.

Dengan menonton video dengan konten Islami di YouTube, maka kita tidak perlu berkumpul sehingga turut berkontribusi dalam mengurangi penyebaran virus.

Deretan channel YouTube yang kami rekomendasikan berisikan ustaz atau ustazah populer yang tengah digandrungi netizen.

Tak melulu mempelajari ilmu agama yang berat, pembawaan materi di channel YouTube ini cukup ringan sehingga membuat kita semangat dalam menontonnya.

Berikut beberapa channel YouTube rekomendasi yang cocok ditonton saat bulan Ramadan:

1. CakNun.com

Muhammad Ainun Nadjib atau Cak Nun dikenal sebagai tokoh intelektual Muslim yang sering memberikan kritikan-kritikan cerdasnya melalui puisi, drama, lagu dan musik.

Bersama dengan grup musik Kiai Kanjeng, Cak Nun bisa membawakan diskusi ilmu agama dengan alunan musik yang menarik.

Pembawaan ceramah dari Cak Nun yang penuh dengan canda namun berbobot ini cukup menarik untuk kamu ikuti melalui channel YouTube CakNun.com.

2. Aagym Official

Pada channel YouTube ini, kamu bisa menonton berbagai ceramah dengan banyak tema dari KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Telah memiliki lebih dari 350 ribu Subscriber, channel YouTube ini juga sering melakukan live streaming mengenai kajian-kajian terbaru dari Aa Gym.

Kita juga bisa mengikuti berbagai kajian dari Pondok Pesantren Daarut Tauhiid yang dibuka untuk umum melalui channel Aagym Official.

3. Ustadz Abdul Somad Official

Ustaz Abdul Somad (UAS) terkenal dengan gaya ceramahnya yang cukup menghibur sehingga mempunyai cukup banyak Subscriber di YouTube.

UAS dikenal sebagai pendakwah yang mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya pada kajian ilmu hadis dan fikih.

Meski kadang membawakan materi agama yang berat, namun gaya ceramahnya begitu mudah dicerna dan dipahami berbagai kalangan.

4. GUS MIFTAH OFFICIAL

Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab dipanggil Gus Miftah merupakan pendakwah dan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta.

Pendakwah satu ini dikenal suka membawakan materi agama yang cukup ringan bagi kalangan masyarakat.

Gus Miftah terkenal di masyarakat setelah aksinya berdakwah di klub malam dan beberapa tempat lokalisasi.

Tak jarang, beberapa pekerja malam memutuskan berhijrah setelah rutin mengikuti pengajian dari Gus Miftah.

5. DAQU CHANNEL

Channel YouTube DAQU CHANNEL sering membagikan berbagai video kajian dari ustaz Yusuf Mansur terupdate.

Kita bisa melihat kegiatan Ustaz Yusuf Mansur saat berceramah di PPPA Daarul Qur'an.

Berbagai motivasi dan kajian pada DAQU CHANNEL bisa mendorong kita agar terus bersedekah dan meningkatkan keyakinan kita pada Allah SWT.

6. ISLAM ITU INDAH OFFICIAL

Channel YouTube ISLAM ITU INDAH OFFICIAL sering membagikan video kajian-kajian yang dibawakan oleh Muhammad Nur Maulana atau akrab dipanggil Ustaz Maulana.

Kajian dan diskusi Islami yang dibawakan oleh Ustaz Maulana, Ustaz Syam serta Oki Setiana Dewi cukup menarik untuk ditonton.

Pembawaan yang santai dan sering mengundang artis membuat siraman rohani di dalamnya tak membosankan.

7. GusMus Channel

Kajian dari Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau dikenal sebagai Gus Mus di channel YouTube "GusMus Channel" sarat akan ilmu sehingga cukup menarik ditonton saat bulan Ramadan.

Berbagai video kajian Islam, wawancara, puisi dan dokumentasi video kegiatan dari Gus Mus bisa dilihat melalui channel ini.

Dikenal sebagai penyair dan penulis kolom yang terkenal di kalangan sastrawan membuat penyampaian dari Gus Mus juga berbeda dibandingkan pendakwah lain.

8. Hanan Attaki

Ustaz Hanan Attaki terkenal sebagai pendakwah yang cukup digemari oleh generasi milenial.

Memiliki suara merdu dalam melantunkan ayat Alquran, tak jarang jamaahnya dibuat terharu dalam mendalami ayat-ayat Alquran yang disampaikan dalam kajian.

Menginisiasi Gerakan Pemuda Hijrah, gaya ceramah dari Ustaz Hanan Attaki juga menarik perhatian. Pemuda yang sering galau bisa tercerahkan setelah menonton video pada channel YouTube ini.

Itulah tadi 8 channel YouTube yang cocok ditonton untuk menambah ilmu saat bulan Ramadan, buruan Subsribe ya!

BACA SELANJUTNYA

Siapa Frost Diamond? Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi