Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 01 Mei 2020 | 12:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, netizen menggemakan hashtag #MayDay2020 di Twitter. Tak hanya netizen Indonesia, netizen di berbagai belahan dunia juga memperingati Hari Buruh yang dirayakan setiap tanggal 01 Mei 2020.

Pantauan dari situs Trends24.in, hashtag #MayDay2020 mulai merangsek menempati puncak trending topik pada pukul 06.00 WIB.

Ketika artikel berita ini dibuat, hashtag masih bertahan di puncak trending topik setelah dicuitkan lebih dari 45 ribu kali.

Tak hanya #MayDay2020, hashtag seperti #HariBuruh juga menempati deretan trending topik Twitter regional Indonesia setelah dicuitkan lebih dari 3.500 kali.

Hari Buruh Internasional merupakan sebuah gerakan yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Mei, sama seperti festival musim semi Eropa Kuno.

MayDay2020 memuncaki trending topik Twitter. (Twitter)

Dikutip dari Wikipedia, tanggal tersebut dipilih oleh organisasi pan-nasional sosialis dan politik komunis untuk memperingati chaos atau kericuhan Haymarket yang terjadi di Chicago, Amerika Serikat, pada 4 Mei 1886.

Pada awal Mei 1886, terdapat protes besar-besaran dan pemogokan kerja ketika para buruh di Chicago menuntut adanya delapan jam pada hari kerja.

Saat itu, masih banyak buruh yang dipaksa bekerja bahkan hingga melebihi 10 jam.

Kesepakatan oleh banyak organisasi sosialis internasional, Hari Buruh kemudian diperingati pada awal bulan Mei setiap tahunnya.

Meme Hari Buruh. (Twitter/ Lagnezmo17)

Hashtag #MayDay2020 digemakan oleh netizen dengan berbagai pendapat dan juga beragam meme sentilan terkait perjuangan seorang buruh.

"Kerja kerasmu dan dedikasimu telah menolong dalam pembangunan negara, semoga kalian mendapatkan kesempatan terbaik di masa depan #MayDay2020 #HariBuruh #LabourDay," kata @abdienegara666.

Meme Hari Buruh. (Twitter/ RaflyOliSykes)

"Selamat hari buruh buat para pejuang yang tak mengenal lelah, melupakan kebebasan demi rutinitas tiap harinya. Tanggung jawabmu buat dirimu dan keluarga menginspirasi. Salam hormat. #HariBuruh," cuit @angga_gank.

"Sandang dan panganmu itu dibuat dari butir keringat tenaga seorang buruh #selamathariburuhsedunia #HariBuruh #HariBuruhSedunia," tulis @Alwansyah_17.

Ketika artikel ini ditulis, hashtag #MayDay2020 dan #HariBuruh masih masif dicuitkan oleh netizen sehingga menempati deretan trending topik Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz