Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Mei 2020 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar unggahan foto screenshot layar berita yang mengklaim dengan judul Menghina Jokowi Soal Mudik dan Pulkan Neraka Jahanam Tempatnya. Screenshot ini beredar di sebuah grup Facebook.

Konten yang memuat foto Wakil Presiden Ma'ruf Amien dan logo media CNN itu diunggah oleh seorang pengguna Krisna Panglima Perang dengan menuliskan narasi sebagai berikut:

"Fatwah wapres gila. Perbanyaklah berbuat maksiat Dan kejahatan tapi jangan menghina dan mengkritik jokowi maka masuklah kedalam surga Dan perbanyak perbuatan kebaikan Dan menghina jokowi Dan mengkritik jokowi maka masuklah kedalam neraka jahanam. MBah habis makan nasi anjing Dan minum kencing babi ya MBah ?
Wah cebong kafir PKI buzzer masuk surga
Orang Muslim Dan beriman masuk neraka"

Bagaimana kebenaran klaim tersebut? Benarkan artikel tersebut diunggah oleh CNN?

Hoaks tentang Menhina Jokowi Soal Mudik dan Pulkam Neraka Jahanam Tempatnya. (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom yang dikutip oleh Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim soal 'Menghina Jokowi Soal Mudik dan Pulkam Neraka Jahanam Tempatnya' adalah klaim yang salah.

Selain itu, artikel tersebut tidak pernah diterbitkan CNN. Unggahan tersebut adalah sebuah klaim yang dimanipulasi menggunakan artikel dari CNN.

Artikel asli berjudul 'Darurat Corona, Ma'ruf Amin Imbau Warga Tak Mudik Lebaran' dimuat oleh CNN Indonesia pada Kamis (19/3/2020) pukul 10:31.

Artikel asli yang disunting. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Hasil cek fakta mendapati klaim dan artikel berjudul 'Menghina Jokowi Soal Mudik dan Pulkam Neraka Jahanam Tempatnya' adalah salah atau hoaks. Konten tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

Diberi Uang Saku oleh Jokowi, Sikap Putri Ariani Ini Bikin Netizen Salut