Minggu, 31 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Sabtu, 09 Mei 2020 | 14:17 WIB

Hitekno.com - Netizen di media sosial belum lama ini dibuat heboh dengan aksi oknum pengemudi ojek online atau driver ojol yang menipu sejumlah orang dengan modus dorong motor.

Aksi modus penipuan oknum driver ojol dorong motor ini tak hanya menimpa netizen, namun juga artis Baim Wong kena juga.

Penipuan yang dilakukan driver ojol itu terungkap lewat utas yang dibagikan oleh pemilik akun Twitter Erlangga Amsar atau @erlangzz, Kamis (7/5/2020).

Dalam utas tersebut, pelaku diketahui mengincar beberapa pengendara di pinggir jalan untuk mendapatkan simpati.

Ia berpura-pura mendorong sepeda motornya dari jarak jauh, mengaku kehabisan bensin supaya orang iba.

Ulah driver ojol itupun berhasil diabadikan oleh Elang Motovlog, yang menjadi salah satu korbannya. Kala itu, Elang yang kebetulan melintas di bilangan Gambir, Jakarta Pusat bertemu dengan pelaku.

Pelaku yang menutupi wajahnya dengan masker tersebut, mengaku ingin pulang ke rumahnya di Rawamangun, Jakarta Timur.

Ia terpaksa mendorong motor karena kehabisan bensin setelah seharian sepi orderan dari pagi hingga larut malam.

"Iya dari jam 07.00 sampai sekarang belum dapat orderan, bensinnya habis," ungkap pelaku  seperti dikutip Suara.com dari video unggahan @erlangzz, Sabtu (9/5/2020).

Viral modus ojol menipu korban dengan kehabisan bensin. (Twitter)

Aksi driver ojol dorong motor tersebut bahkan sampai menyita perhatian pengendara lain yang turut dibuat iba.

"Pokoknya si bapak ojol ini kekeh gamau di tolong sama sekali (alasan nya takut ngerepotin) sampe sampai ada pengendara mobil yang puter arah untuk menanyakan kejadian tersebut," tulis @erlangzz.

Sampai pada akhirnya, setelah susah payah dibujuk, pelaku pun mau dibantu oleh Elang.

Sekira satu pekan kemudian, ternyata driver ojol yang sama kembali beraksi. Kali ini, ia menipu artis Baim Wong yang tengah melakukan syuting di sebuah lokasi.

Pelaku kedapatan memutar balik kendaraannya setelah mengetahui ada Baim Wong di sekitar lokasi tersebut.

Viral modus ojol menipu korban dengan kehabisan bensin. (Twitter)

"Karena Baim Wong iba melihat ojol tersebut yang mendorong motor karena "Kehabisan Bensin" diberi bantuan lah oleh Baim berupa uang yang setara penghasilan bapak ini perhari," ungkap @erlangzz.

Hingga pada akhirnya, terungkap bahwa driver ojol tersebut adalah seorang penipu. Banyak yang sudah mengetahui motif yang digunakan pelaku untuk mengelabuhi korbannya.

"Ada teman satu basecamp nya yang bilang kalo nama nya ternyata Mahmudin, ya dia berbohong tentang nama dan alamat. Ternyata dia sering berpura pura kehabisan bensin untuk mendapatkan belas kasihan dari orang baik," imbuhnya.

Kontan saja, ulah driver ojol tersebut membakar amarah warganet . Apalagi, setelah viral di media sosial muncul pengakuan sejumlah orang yang turut menjadi korban penipuan.

Reaksi Baim Wong

Selepas menjadi korban, Baim Wong memberikan tanggapan lewat vlog terbarunya yang diunggah di kanal YouTube Baim Paula pada Jumat (8/5/2020).

Viral modus ojol menipu korban dengan kehabisan bensin. (YouTube/Baim Paula)

Meski begitu, ia mengaku telah dihubungi oleh Ketua Garda Ojek Online Jakarta Igun Wicaksono yang menyampaikan permohonan maaf atas ulah driver ojol tersebut.

Baim Wong lantas mengimbau kepada khalayak untuk lebih waspada dengan modus penipuan serupa.

"Kita harus waspada. Hampir dipastikan kita kena tipu. Dia sudah terlatih. Dia profesional banget," ucap Baim Wong.

Itulah aksi modus driver ojol dorong motor yang viral di media sosial. Makin ramai setelah Baim Wong ikutan kena prank juga. (Suara.com).