Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 Mei 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredan postingan di media sosial dengan foto yang dinarasikan mengarah ke Presiden Jokowi di tengah kerumunan konser.

Nampak dalam foto menampilkan suasana konser yang dihadiri Presiden Jokowi, meski wajahnya tak diperlihatkan. Postingan itu diunggah di media sosial pada Minggu (17/5/2020).

Dalam foto tersebut, terlihat seseorang sedang berswafoto di tengah kerumunan penonton konser. Tapi wajahnya ditutupi dengan stiker.

Akun Facebook Rajakenza juga menambahkan narasi berikut dalam postingannya.

"Katanya jaga jarak mutusin matarantai eh kok konser malah rame dan doi datang lagi
Aduh..piye iki piye toh..."

CEK FAKTA, Foto yang diklaim konser di tengah Wabah Virus Corona COVID-19 (turnbackhoax.id)

Benarkah foto konser itu terjadi di tengah wabah virus Corona COVID-19?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Senin (18/5/2020), foto yang diunggah akun Facebook Rajakenza dengan narasi bahwa itu suasana konser di tengah wabah virus Corona COVID-19 adalah klaim yang salah.

Sebab, foto sebenarnya merupakan kejadian ketika Presiden Joko Widodo menghadiri Festival Musik Synchronize Fest 2017. Tepatnya pada Sabtu, 7 Oktober 2017.

Foto tersebut juga diunggah ke akun Instagram resmi milik Presiden Jokowi saat itu.

Gambar serupa juga dilampirkan di dalam artikel di situs idntimes.com bertajuk "17 Potret Liburan Presiden Jokowi, Sederhana tapi Tetap Asyik!" yang terbit pada 18 Oktober 2017.

Kehadiran Presiden dalam festival musik yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut cukup membuat terkejut para penonton di sana. Situs resmi Kantor Staf Presiden dan Bekraf juga mengabarkan kunjungan tersebut.

Penjelasan CEK FAKTA, Foto asli, saat Presiden Jokowi di Synchronize Fest 2017 (turnbackhoax.id)

Synchronize Fest 2017 diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 6 hingga 8 Oktober 2017. Lebih dari 100 musisi tampil di lima panggung yang berbeda.

Presiden Jokowi ditemani Kepala Bekraf mengunjungi Synchronize Fest 2017 pada hari kedua.

Jokowi menyaksikan penampilan musisi senior Ebiet G Ade di District Stage dan mendengarkan persembahan lagu special “Berita Untuk Kawan”. Setelah itu Presiden mengunjungi Lake Stage ketika band metal Indonesia Deadsquad tampil.

Sebelum mengakhiri kunjungan di Synchronize Fest 2017 ini, Presiden Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke booth Bekraf yang menampilkan program Hello Dangdut.

Kesimpulan

Jadi, hasil cek fakta pada informasi yang dibagikan oleh akun Facebook Rajakenza termasuk dalam Konten yang Menyesatkan atau Misleading Content. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

http://ksp.go.id/presiden-saksikan-festival-musik-di-kemayoran/

https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/17-potret-liburan-presiden-jokowi/4/full

BACA SELANJUTNYA

Viral SBY Curhat Soal Mimpinya: Jokowi Datang ke Rumah, Naik Kereta Bersama Megawati