Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 21 Mei 2020 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini YouTube mengumumkan fitur baru, yaitu pengingat tidur untuk membantu para penggunannya yang suka menonton video hingga larut malam hingga melupakan tidur.

Fitur terbaru ini bergabung dengan pengingat istirahat sejenak di platform YouTube. Kedua fitur ini merupakan gabungan dari perangkat alat YouTube dan alat waktu layyar yang dirilis pada 2018 sebagai bagian dari inisiatif Google Digital Wellbeing.

Dilansir dari laman The Verge, tujuan utama fitur ini adalah membantu para pengguna lebih bertanggung jawab menggunakan produk Google.

Pasalnya sejak pandemi ini menyebar ke seluruh dunia, membuat semua orang tetap di rumah dan menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di internet.

Banyak orang yang menghabiskan waktu luangnya untuk menatap layar YouTube. Platform ini bahkan mengirimkan sebanyak 3 miliar peringatan agar pengguna istirahat selama dua tahun terakhir.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Dengan adanya fitur pengingat waktu tidur ini kamu bisa mengatur sendiri kapan waktu kamu harus berhenti menonton video di YouTube.

Pasalnya banyak orang yang sudah keasyikan saat menonton video lupa akan waktu dan malah kecanduan hingga lupa istirahat.

Kini fitur baru YouTube pengingat tidur ini dapat membuat kamu sadar akan waktu dan membatasi diri saat menonton video.

''Kamu bisa mengatur waktu mulai dan berakhir di pengaturan aplikasi YouTube'' tulis pihak YouTube dalam unggahan blog.

YouTube mengatakan fitur tersebut akan tersedia pada aplikasi Android dan iOS mulai hari rabu (20/5/2020). Kemungkinan fitur pengingat tidur YouTube ini akan datang secara bertahap pada semua orang.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Eksekusi Ferdy Sambo Dilakukan dan Jenazah Dimakamkan Secara Terhormat, Benarkah?