Minggu, 20 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 22 Mei 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Video lawas tahun 1989 saat Ibu Tien Soeharto mendapat hadiah Rosario dari Paus Johannes Paulus IT belum lama ini kembali menjadi viral di Twitter. Dianggap sebagai bukti indahnya perbedaan, timeline Twitter dibuat adem karena hal ini.

Menjadi viral di Twitter, video lawas ini mencuri perhatian usai diunggah netizen dengan akun @RizaRidho pada Kamis (21/5/2020) lalu. Bersama dengan cuitannya, netizen ini mengunggah video pertemuan Soeharto dan Paus Johannes Paulus IT di Istana.

Mengutip Soeharto.co, momen pertemuan Soeharto dan Paus Johannes Paulus IT ini terjadi pada 9 Oktober 1989 lalu di Istana Negara bersama sejumlah jajaran pemerintah.

Dijelaskan dalam video lawas berdurasi 47 detik, momen pertemuan Soeharto dan Paus Johannes Paulus IT ini diawali dengan tukar menukar cendera mata.

Soeharto lalu memberikan lukisan Paus Johannes Paulus IT. Sedangkan Paus Johannes Paulus IT memberi hadiah lukisan bangunan tua pada Soeahero dan Rosario berwarna putih pada Ibu Tien Soeharto yang langsung dipakai oleh Ibu Negara ini.

Ibu Tien Soeharto dapat hadiah Rosario dari Paus. (twitter/RizaRidho)

Momen manis antara Paus Johannes Paulus IT dan Ibu Tien Soeharto ini lalu mencuri perhatian hingga mendapat berbagai tanggapan dari netizen yang mengaku tersentuh dengan hal tersebut.

''Dokumentasi yang bagus, sejarah bagi kita saat ini bahwa perbedaan itu indah,'' komentar netizen dengan akun @YusufNusantara1.

''Paus favorit, Ibu Negara favorit, pelukis favorit'' balas akun @Safringo memuji momen tersebut.

Mencuri perhatian karena sukses menunjukan indahnya perbedaan, ada juga netizen yang dibuat salah fokus dengan penampilan para ibu-ibu pejabat dalam video lawas tersebut.

''Ibu-ibu pejabat di masa Soeharto terlihat anggun dalam balutan busana Nasional. Berkebaya dan sanggulan. Pemandangan yang jarang terlihat di acara kenegaraan saat ini'' ungkap akun Twitter @erroyh.

Hingga artikel ini dibuat, video lawas saat Ibu Tien Soeharto mendapat hadiah Rosario dari Paus Johannes Paulus IT ini telah ditonton sebanyak lebih dari 74 ribu kali usai diunggah @RizaRidho.