Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 24 Mei 2020 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan video yang mengklaim kalau Bimbim Slank dianggap telah mengucapkan selamat kepada komunisme.

Narasi ini dibagikan oleh akun Twitter NyaiBack @CintaNKRI08 yang mengunggah sebuah video Bimbim yang sedang memberikan pernyataan.

Narasi dalam unggahan video itu berisi:

"Selama Dirimu Mimpin Jow @jokowi. Semua Terang Benderang Ttg Komunisme, Salah Satu Pendukung setia mu Mantan pemakai Narkoba .ternyata Saya Tahu siapa dia sekarang ? #RakyatKompakTumpasPKI"

Cek fakta bimbim ucapkan selamat kepada komunisme. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Bimbim mengucapkan selamat kepada PKI?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, unggahan yang memuat informasi bahwa Bimbim mengucapkan sesuatu terkait komunis adalah salah.

Dari pencarian yang dilakukan dengan menelusuri loho bertuliskan 'Boedoet' dalam video tersebut, ditemukan bahwa video itu serupa dengan yang diunggah oleh akun Boedoet 40 di @Boedoetcus.

Twit tersebut diunggah pada 21 Mei 2020 pukul 04.30 WIB yang memuat Bimbim sedang mengucapkan ulang tahun kepada sekoah Boedi Oetomo.

"Masih suasana#Boedoet112tahun. Kali ini ucapan selamat ulang tahun dari Bimbim Slank," cuit akun @Boedoetcus.

Selain itu, akun Slank Band (@slankdotcom) memberi klarifikasi terkait isi video tersebut.

"Kita lurusin ya guys di video ini #Bim2x ngucapin selamat hari hadi Boedoet yang diakhiri kalimat 'peace always'. Coba dengerin pelan-pelan, pakai headphone biar jelas. Nggak baik nyebarin fitnah/hoax, apalagi di bulan suci," tulis keterangan akun @slankdotcom.

Cek fakta klarifikasi Slank soal Bimbim ucapkan selamat kepada Komunisme. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Cek fakta pada unggahan yang mengebut bahwa Bimbim Slank mengucapkan selamat kepada Komunisme adalah klaim yang salah. Konten tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan dalam klasifikasi hoaks. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?