Rabu, 30 September 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 Mei 2020 | 06:31 WIB

Hitekno.com - Sempat beredar informasi di media sosial yang mengklaim Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo pernah mengenakan kaos hitam berlambang palu arit.

Belum lama ini, isu komunisme kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Tersebar informasi bahwa ada beberapa tokoh yang dikaitkan dengan paham tersebut. Tak terkecuali Kaesang Pangarep, juga kena imbas pembicaraan tersebut.

Salah seorang pengguna Facebook bernama Zul Arlis Acwa membagikan foto Kaesang memakai kaos berwarna hitam. Namun, yang mencuri perhatian, di bagian dada sebelah kanan pada kaos itu terdapat lambang palu arit.

"Betul kata orang dulu. Buah kalau jatuh tak akan jauh dari pohonnya," tulis Zul Arlis Acwa via Facebook.

Gambar tersebut lantas dikirim ke sebuah grup Facebook bernama Prabowo Pilihan Pasti 2019, Save NKRI Save Pancasila.

Hoaks Kaesang Pangarep pakai kaos gambar palu arit (Facebook).

Namun, apakah benar kaos yang dipakai Kaesang Pangarep bergambar palu arit?

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, diperoleh fakta bahwa gambar tersebut telah diedit dari gambar aslinya.

Foto Kaesang Pangarep diperoleh dari sebuah berita yang dimuat di situs media online. Namun, dalam foto aslinya, ia tidak memakai kaos berlambang palu arit. Yang ia pakai adalah kaos berwarna hitam polos.

Sementara itu, Kaesang Pangarep pernah memberikan klarifikasi terkait kaos tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2019, berita soal dirinya memakai kaos berlambang palu arit pernah tersebar luas di media sosial.

Cuitan klarifikasi Kaesang soal kaos gambar palu arit (Twitter).

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas maka jelas bahwa foto Kaesang Pangarep mengenakan kaos bergambar palu arit adalah hasil editan. Foto tersebut merupakan hoaks yang telah diolah dari foto asli. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).