Selasa, 07 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 01 Juni 2020 | 16:15 WIB

Hitekno.com - Pandemi yang tengah terjadi saat ini mengharuskan banyak orang melakukan aktivitas dengan cara yang baru, seperti harus mengurangi kontak fisik dengan manusia lain, menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan lainnya terutama jika berada di tempat keramaian.

Hal ini yang membuat sebuah restoran di Belanda memperkenalkan pelayan robot baru demi mengurangi kontak fisik.

Restoran bernama Royal Palaca Renesse ini menggunakan robot sebagai pelayan yang menggantikan manusia.

Dilansir dari laman The Verge, robot berwarna merah dan putih tersebut memiliki pekerjaan seperti menyambut pelanggan, menyajikan makanan dan mengambil piring bekasa dari meja pengunjung.

Robot di restoran tersebut didesain layaknya manusia dengan membawa nampan dan berjalan sangat berhati-hati pada pelanggannya.

Restoran dengan pelayan robot. (Instagram/royalpalacerenesse)

Dalam video yang diunggah restoran tersebut di Instagram, robot tersebut juga bisa membawa nampan dengan kopi pada pelanggannya.

Selain melayani pelanggan, robot yang belum diberi nama ini bisa menyapa para pelanggan dengan kalimat sapaan seperti ''Halo dan Selamat datang''.

Pemilik Royal Palace Renesse, Leah Hu mengatakan ''mereka membantu kami dengan pekerjaan yang kami lakukan.''

Menurutnya, robot-robot tersebut memberikan bantuan ekstra saat mereka tegah sibuk membersihkan meja.

Sejak pandemi, restoran tersebut telah ditutup selama berbulan-bulan dan dibuka kembali dengan batasan jumlah tamu yang diizinkan.

Meski server robot tak bisa terkena virus corona, namun mereka juga tak bisa membantu pekerjaan yang bisa dilakukan manusia, seperti menyesuaikan kursi hingga menyediakan kursi untuk para bayi.