Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 05 Juni 2020 | 10:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial yang membandingkan antara Presiden ke-2 RI Soeharto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam postingan ini diklaim Presiden Jokowi membungkukkan badan saat menyalami WNA China.

Dalam postingan tersebut, Presiden ke-2 RI Soeharto tampak menjabat tangan seseorang dengan posisi tegak. Sementara Jokowi menjabat tangan seseorang dengan membungkukkan badan.

Foto itu diunggah oleh akun sosial media bernama Aprizal ke grup Anies Baswedan For President 2024, dengan narasi:

B
E
D
A

KELAS
DULU KLAS VVIP
SEKARANG KELAS EKONOMI WK WK WK
# SEKARANGMAH KACAU
ZAMAN IKI

Cek fakta foto Jokowi bersalaman dan membungkukkan badan pada orang China. (Instagram/Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Presiden Jokowi bersalaman hingga membungkukkan badan kepada orang China?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran cek fakta Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo menjabat tangan orang China hingga membungkukkan badan adalah klaim yang salah.

Pria berbaju putih yang disalami Jokowi dalam foto tersebut bukanlah warga negara (WNA) China, melainkan adalah Priyo Budi Santoso.

Foto tersebut diambil pada jumat 4 April 2014 saat Jokowi dan Priyo Budi Santoso bertemu di acara ulang tahun buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan.

Sementara itu, foto perbandingan yang menampilkan Presiden Soeharto tengah menjabat tangan seseorang dengan posisi tegak adalah ketika presiden ke-2 RI itu sedang bertemu dengan Liem Sioe Liong atau Sudono Salim, seorang pengusaha.

Foto Soeharto dan Sudono Salim itu diunggah oleh situs afandriadya.com pada 25 Februari 2018 dengan judul artikel "Liem Sioe Liong dan Salim Group, Pilar Bisnis Soeharto (1)".

Cek fakta foto Jokowi bersalaman dengan Priyo Budi Santoso. (Instagram/Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Hasil cek fakta pada konten yang menyebut klaim bahwa Jokowi bersalaman hingga membungkukkan badan pada WNA China adalah klaim yang salah. Konten tersebut termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

SBY Mimpi Bertemu Jokowi, Megawati, dan Presiden RI ke-8, Netizen Ramai Tafsirkan Mimpinya