Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 06 Juni 2020 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi warga Muslim di Indonesia dan Malaysia, Iqro' merupakan buku teks legendaris yang menemani masa kecil kita sebelum nantinya membaca Alquran. Seorang pria yang mengaku tak malu mengulang kembali pelajaran di buku Iqro ini justru diapresiasi dan dibanjiri kalimat semangat dari netizen.

"Buku Iqro': Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an" adalah buku teks yang digunakan sebagai batu loncatan awal untuk dapat membaca Alquran.

Pada masa-masa TPA (Taman Pendidikan Alquran), anak-anak dari usia TK hingga SD biasanya menggunakan buku Iqro sebagai pedoman awal untuk mempelajari abjad dan pelafalan bahasa Arab.

Iqro terbagi menjadi beberapa menjadi enam jilid di mana semakin ke atas jilidnya mempunyai tingkat kesulitan yang semakin tinggi.

Jilid tingkat atas mempelajari dasar-dasar tajwid atau aturan pelafalan dalam membaca Alquran nantinya.

Seorang pria yang mengulang kembali pelajaran di buku Iqro justru banjir semangat hingga viral di Twitter. (Twitter/ mr_thanos63)

Seorang pria pemilik akun Twitter @mr_thanos63 mengaku bahwa ia tak malu mempelajari buku Iqro kembali.

Pria tersebut membagikan postingan dengan caption bertuliskan "Memulai untuk bisa dari pada malu memulai tapi tidak bisa".

Postingan yang dibagikan berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 640 Retweet dan 6.500 Like.

Ratusan netizen langsung menyerbu kolom komentar dan membanjirinya dengan kalimat penyemangat.

Dalam postingan, terlihat bahwa Iqro tersebut diletakkan di atas pangkuan kaki yang tertutup sarung.

Pria ini terlihat sedang mempelajari Iqro jilid 4 halaman 72 dengan semangat.

"Aku dulu udah sampai Alquran Juz 16. Berhubung lama nggak ngaji jadi buta huruf. Dan akhirnya aku harus ngulang dari Iqro lagi biar bisa ngaji seperti dulu," ungkap pria tersebut dalam thread-nya.

Pria yang mempelajari buku Iqro kembali ini diapresiasi positif netizen. (Twitter/ mr_thanos63)

Postingan dari pria yang mengulang kembali pelajaran di buku Iqro ini langsung dibanjiri beragam komentar positif dari netizen.

"Ganteng aja nggak cukup, karena nanti istri kita butuh imam bukan boyband. Semangat mas!" komentar @porridgetrash.

"Jangan malu mas, aku salut sama sampeyan masih mau belajar, buat laki-laki semua jangan lupa anak kamu itu juga butuh pendidikan agama," kata @AnangMahfut.

"Semangat hyung, aku juga ngulang ke Iqro 1 setelah bertahun-tahun nggak mengaji dengan baik dan benar. Padahal dulu waktu kecil senang mengaji kenapa besar jadi kayak gini (emoticon menangis)," cuit @parttyfavor.

Itulah tadi postingan viral di Twitter mengenai seorang pria yang mengulang kembali pelajaran di buku Iqro sehingga banjir semangat dari netizen, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Muncul Secara Misterius di Foto Gadis Ini, Kamus Geografis Tahun 1869 Benarkan Adanya Kota Saranjana di Kalimantan