Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 12 Juni 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar isu yang mengklaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah keturunan keluarga PKI. Bukan sekali ini saja latar belakang Jokowi diisukan terkait PKI.

Seperti belum lama ini, salah seorang pengguna Facebook bernama Rudi Vatner mengunggah status yang menuduh Jokowi tengah berziarah ke makam seorang anggota PKI.

Dalam statusnya itu, ia mempertanyakan alasan mengapa Presiden Jokowi mengunjungi makam Widjiatno Notomihardjo, ayah kandung Jokowi yang dituduh sebagai anggota eks Partai Komunis Indonesia.

Unggahan yang menuduh ayah Jokowi anggota PKI (Facebook).

Namun, apakah benar ayah Jokowi adalah anggota PKI? Benarkah tuduhan yang dialamatkan Rudi Vatner ke Presiden Jokowi?

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, didapati fakta bahwa apa yang ditulis oleh akun Facebook bernama Rudi Vatner adalah kabar hoaks.

Foto yang diunggah oleh akun Facebook Rudi Vatner adalah foto tahun 2014. Saat itu Jokowi masih menjadi kandidat calon Presiden RI. Ia berziarah ke makam ayahnya yang ada di Jawa Tengah pada tanggal 14 Juni 2014.

Selama ini Jokowi kerap diisukan sebagai anggota keluarga PKI. Isu ini telah santer terdengar bahkan sebelum ia menjadi presiden Indonesia.

"Notomihardjo dan Sudjiatmi sendiri tak pernah sekalipun disentuh oleh tentara. Itu terjadi karena mereka memang tidak memiliki keterkaitan dengan Peristiwa 30 September 1965. Jika memang benar mereka adalah tokoh PKI, itu jelas suatu keanehan. Saat itu, alih-alih anggota PKI, seorang seniman profesional yang sama sekali bukan komunis pun bisa dipenjarakan tanpa pengadilan hanya karena dia pernah mengisi sebuah acara seni yang diadakan oleh PKI," tulis Historia.id dalam laporannya seperti diberitakan oleh Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat dipastikan bahwa tidak benar jika ayah Presiden Jokowi Widjiatno Notomihardjo adalah anggota PKI. Informasi tersebut adalah kabar hoaks yang mengandung informasi yang menyesatkan. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100