Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 13 Juni 2020 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen dihebohkan dengan sebuah video yang awalnya mereka duga sebagai hiu paus yang terdampar. Namun setelah mereka mengetahui keterangan video di bawahnya, sebagian netizen justru tertawa melihat fakta di balik "hiu paus" ini.

Pengguna akun Twitter bernama @EckoShowGtown membagikan video dengan caption bertuliskan "Gorontalo banjir, hiu puas mengungsi".

Video yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 14 ribu Retweet dan 28 ribu Like.

Ribuan netizen ikut berkomentar atas penampakan "hiu paus" yang berada di dekat perumahan warga itu.

Dilihat dari pernyataannya, daerah Gorontalo memang baru saja terjadi banjir cukup besar sehingga membuat lebih dari 1.000 warganya harus mengungsi.

''Hiu paus'' jadi-jadian ini bikin netizen geger. (Twitter/ EckoShowGtown)

Dikutip dari Suara.com, sebanyak 1.150 jiwa yang terdampak banjir di Kelurahan Padebuolo dan Kelurahan Ipilo, di Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo terpaksa mengungsi.

Camat Kota Timur Eladona Oktamina Sidiki mengatakan, dua kelurahan itu terendam banjir dengan ketinggian air di pemukiman mencapai 1,5 meter, akibat meluapnya Sungai Bone secara mendadak.

"Tadi air cepat sekali naik, arusnya pun deras, karena itu dalam waktu setengah jam ketinggian air sudah mencapai dada orang dewasa," ujarnya di Gorontalo, ditulis Jumat (12/6/2020).

Namun mengenai pernyataan "hiu puas" yang memancing netizen berpikiran bahwa itu adalah hiu paus cukup membuat kehebohan tersendiri.

Postingan video di atas ternyata hanya untuk prank atau lucu-lucuan.

Jika diperhatikan secara detail, terdapat tiga keanehan pada "hiu paus" ini termasuk jumlah insang, posisi mata, hingga bentuk mulut.

Penampakan hiu paus. (YouTube/ Bubble Vision)

Hiu paus (Rhincodon typus) mempunyai mata di bagian samping, tepat pada bagian perbatasan antara warna tutul polkadot dengan warna putih di bagian bawah.

Sementara hiu paus jadi-jadian ini justru mempunyai "mata melotot" tepat di atas kepala.

Dikutip dari Wikipedia bersumber pada artikel riset berjudul "Species Fact Sheet, Rhincodon typus", hiu paus memiliki insang berjumlah lima buah yang berukuran besar dan memanjang.

Sementara hiu paus jadi-jadian di dalam video justru mempunyai insang berjumlah tiga buah berukuran kecil dengan posisi berdekatan.

Video di bawahnya mengungkapkan "prototipe" asal hiu paus sehingga itu hanya prank atau parodi saja.

Dalam percakapan serta kolom balasan di Twitter, pemilik akun @EckoShowGtown mengaku bahwa itu hanyalah itu bercandaan dan iseng saja.

"Perasaan hiu paus matanya di bawah nggak di atas (emoticon menangis)," kata @hafidzasdq.

"Hiu paus matanya di bawah, makanya itu yang matanya di atas dibilangnya hiu puas," balas @zonatalina.

"Itu matanya kaget atau gimana (emoticon tertawa)," komentar @ayinnnnnnm.

"Hiu paus terbawa banjir hilang harga dirinya..wkwkwk," cuit @yaelaHelsy.

Itulah tadi video viral di Twitter mengenai "hiu paus" jadi-jadian yang malah membuat netizen ngakak, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Viral Finalis Miss Indonesia Bersyukur Jadi IRT, Alasannya Bikin Netizen Salut