Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Juni 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Budiman Sudjatmiko belum lama ini mempostingkan potret lawas dari Tugu Pal Putih alias Tugu Jogja. Namun siapa sangka foto ini malah sempat bikin netizen bingung.

Malahan, potret lawas Tugu Jogja yang dipostingkan Budiman Sudjatmiko pada Sabtu (13/6/2020) ini membuat netizen main tebak-tebakan.

Tak banyak terlihat kendaraan bermotor di foto itu. Bangunan pertokoan pun juga tak ada. Hanya para pesepeda dan mobil lawas yang terlihat melintas di jalanan sepi pada foto itu.

Berbeda dari kondisi saat ini, jalanan simpang empat yang mengapit Tugu Jogja di foto lawas itu terlihat memiliki jarak yang cukup berdekatan.

Kontrasnya kondisi kawasan Tugu di masa lalu dengan saat ini pun sampai membuat Budiman Sudjatmiko pangling meskipun ia diketahui pernah tinggal di Jogja dalam waktu lama.

Politikus yang sempat menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengaku tak bisa mengenali kawasan Tugu Jogja di masa lalu.

Ia juga tak bisa mencocokkan persamaan dari masa lalu dan masa kini di keempat jalan yang mengitari Tugu Jogja -- Jalan Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM Sangaji, dan Jalan Dipenogoro.

Foto lawas Tugu Jogja - (Twitter/@budimandjatmiko)

"Sebagai orang yang lama tinggal di Yogya, saya pun tak bisa menebak mana jalan yang nantinya akan disebut Jl AM Sangaji & Jl Diponegoro. Juga mana yang akan ke arah Malioboro," tulis @budimandjatmiko di Twitter, menyertai foto yang tak diketahui pasti waktu pengambilannya itu.

Menanggapi foto lawas Tugu Jogja yang diunggah Budiman Sudjatmiko, netizen pun bermain tebak-tebakan. Dengan petunjuk seadanya yang tertangkap indera, mereka menjelaskan jalan mana saja yang mereka kenal.

"Kalau menurut pendapat saya, ini akurasinya 78% dari arah jembatan Gondolayu menuju Pingit karena di ujung gambar tidak nampak Gunung Merapi ataupun atap alun-alun. Menurut saya sih itu, entah kalau menurut KRMT Roy Suryo berapa persen," komentar @segopecels.

"Asumsi saya ini foto diambil dari yang sekarang jadi jalan AM sangaji. Alasannya: 1. tidak ada gunung. Berarti foto itu tidak diambil menghadap utara (kalau diambil hadap utara ada Gunung Merapi). 2. Bayangan yang jatuh pada mobil arahnya kiri. Berarti timur & barat ada di kanan dan kiri," jelas @indraboyo.

"Mungkin ndak Pak Bud kalau yang arah depan banyak pohon itu yang menuju Kraton karena kemungkinan untuk membuat jalan tambah rindang dan memasuki kawasan tertentu? Hanya sekadar tebak-tebakan. Atau mungkin perlu clue lain ya Pak," ungkap @riyanology.

Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta alias Tugu Jogja - (SUARA.com/Rosiana)

Itulah potret lawas Tugu Jogja yang dipostingkan Budiman Sudjatmiko belum lama ini. Siapa sangka foto ini malah membuat netizen bertanya-tanya hingga main tebak-tebakan. (SuaraJogja.id/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

BACA SELANJUTNYA

Daftar Tarif Tol Jogja Bandung Mudik Lebaran 2023, Lengkap Masing-masing Golongan