Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 22 Juni 2020 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tepat pukul 02:33 WIB Senin (22/6/2020), gempa berkekuatan magnitudo 5,0 guncang beberapa wilayah di selatan Pulau Jawa.

Berpusat di barat daya Pacitan, Jawa Timur, gempa yang dirasakan netizen cukup kencang tersebut juga dirasakan di berbagai wilayah lainnya hinga Yogyakarta.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi dini hari ini memiliki kedalaman 63 km dan tidak berpotensi tsunami.

''#Gempa Mag:5.0, 22-Jun-20 02:33:08 WIB, Lok:9.11 LS,110.85 BT (107 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Kedalaman:63 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG'' dalam sebuah cuitannya di akun Twitter @infoBMKG sesaat setelah terjadi gempa.

Namun tak hanya wilayah Pacitan saja, namun gempa tersebut dirasakan dibeberapa wilayah DIY hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gempa Pacitan. (Twitter/@infoBMKG)

Dilansir dari laman SuaraJogja.id, gempa turut dirasakan di wilayah Jogja, Bantul hingga Wonogiri, Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara dan Purwokerto.

Meski tak menimbulkan tsunami, gempa ini sempat membuat sebagian warga panik. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana mestinya.

Hal ini membuat banyak orang terbangun dari tidur malam lantas panik dan ramai di Twitter hingga hashtag #gempa dan Pacitan masih menjadi perbincangan dan trending topik hingga pagi ini.

''Stay safe all'' cuit netizen di Twitter.

''Auto bangun karena gempa'' tulis salah satu netizen.

Hingga kini hashtag #gempa dan pacitan masih menduduki trending topik teratas di Twitter dengan lebih dari 29 ribu cuitan dari netizen

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan