Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 26 Juni 2020 | 13:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Usai merilis Asset Performance Management, solusi digital berbasis iOT, kini Telkomsel kembali mengumumkan teknologi terbarunya untuk penunjang pengusaha di bidang digital, yaitu IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Berkolaborasi dengan Alfamart, perusahaan yang bergerak di bidang retail, Telkomsel mengenalkan teknologi SD-WAN ini.

Dalam virtual conference yang diadakan pada Jumat (26/6/2020), Telkomsel mengenalkan solusi digital yang akan membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional selama masa pandemi hingga kondisi new normal yang akan segera dihadapi.

''Menuju new normal ada beberapa tren transformasi yang terjadi sekarang, hampir 75 persen industri kini beralih ke digital, baik itu pendidikan, financial service hingga otomotif'' terang Senior Vice President Telkomsel Enterprise, Dharma Simorangkir.

Hal ini menjadi salah satu bukti pemanfaatan teknologi IoT untuk membantu dunia usaha dalam beradaptasi sekaligus menjaga produktivitasnya dengan aman dan efisien dalam segala situasi dan kondisi.

IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network Telkomsel. (Telkomsel)

Solusi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT mampu mentransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart dengan menghubungkannya ke sistem cloud, sehingga sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end.

Dilengkapi pula dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis oleh para pekerja.

Ada empat manfaat yang diberikan oleh solusi Managed Service SD-WAN ini bagi Alfamart. Pertama, solusi tersebut membuat perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional. Kedua, Alfamart tidak perlu lagi menggunakan leased line dalam menghubungkan data center pusat, hub data center, dan gerai atau kantor cabang.

Manfaat ketiga, koneksi langsung antara data center pusat dengan perangkat keras di gerai atau kantor cabang juga dapat membuat Alfamart menghindari gangguan teknis pada hub data center yang mampu mengganggu operasional secara luas.

Sedangkan manfaat keempat adalah seluruh pengelolaan manajemen solusi SD-WAN yang akan dilakukan oleh Telkomsel, sehingga Alfamart tidak perlu lagi menjalankan pengendalian perangkat hingga pengamanan jaringan secara mandiri yang tentunya membutuhkan biaya operasional yang tinggi.

IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network Telkomsel. (Telkomsel)

Alfamart sendiri kini memiliki lebih dari empat belas ribu gerai di seluruh wilayah Indonesia, sehingga pemanfaatan Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan membantu manajemen trafik jaringan di setiap gerai Alfamart dengan lebih efisien.

Selain itu, solusi Managed Service SD-WAN ini dibekali dengan jaringan 4G LTE yang memiliki peran penting dalam meningkatkan operasi bisnis dan komunikasi melalui jalur yang beragam dan penyediaan yang cepat.

Jaringan ini memainkan peran penting dalam percepatan implementasi dan penghematan biaya hingga 50 persen dibandingkan dengan koneksi tradisional. Selain itu, teknologi 4G LTE adalah satu-satunya alternatif yang bisa digunakan dimanapun lokasi sistem operasional berada.

BACA SELANJUTNYA

IndiHome Mau Merger ke Telkomsel? Begini Faktanya