Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 27 Juni 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sedang viral di media sosial meme overthinking. Banyak netizen menggunakannya karena mewakili perasaan ketika tengah memikirkan sesuatu yang tidak dimengerti.

Meme overthinking menampilkan seorang karakter cowok dengan kepala botak yang sering melamun. Mimik wajahnya yang murah karena banyak pikiran.

Sementara saat melamun, karakteroverthinking biasanya terbaring di tempat tidur atau menyandarkan tubuhnya di dinding.

Potret tersebut kemudian dibubuhi beragam tulisan menggelitik yang menggambarkan keresehan seseorang seperti: "Orang-orang kok bisa tidur cepet?", "Kok orang-orang bisa punya pacar ya? dan "Kok bisa ya, orang makan mie goreng tapi dikasih kuah".

Saking viral di media sosial beberapa netizen pun mengaku penasaran dengan pencetus meme overthinking tersebut.

Meme overthinking. (Instagram/@jonha306)

Rasa penasaran itupun akhirnya terjawab lewat cuitan yang dibagikan seorang pengguna Twitter, @Andriandhy.

Meme overthinking merupakan karya seorang ilustrator asal Korea Selatan, Jong-Ha Yoon. Pria itu populer di dunia animasi dan dikenal memiliki akun Instagram @jongha306.

"Saya baru ingat! Klip-klip animasi pendek Jong-Ha YOON dengan karakter botak itu salah satu dari sekian banyak reference yang ngasih inspirasi saya bikin ini. Saya gatel nanya karena familiar banget. Kok bisa lupa ya itu gambar dia begitu jadi meme," tulisnya.

Sementara setelah Suara.com melakukan penelusuran lebih lanjut, meme overthinking merupakan montase dari karya Yong-Ha Yoon yang sempat dipublikasikan pada 19 Oktober 2017.

Dalam ilutrasi tersebut, terdapat serangkaian gambar karakter overthinking bernuansa hitam putih seperti yang kekinian viral di media sosial.

Meme overthinking. (Instagram/@jonha306)

Meski begitu, selama beberapa waktu terakhir, Jong-Ha Yoon pun menggambarkan karakter meme overthinking menjadi lebih ceria dan berwarna. Hal itu bisa dilihat dalam unggahan sang ilustrator pada 2019.

Itulah kisah dan sosok di balik meme overthinking yang viral di media sosial. Meski karya lama, namun ternyata populer lagi belum lama ini. (Suara.com/ Husna Rahmayunita).

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau Putar Balik Karena Jalan Dicor, Pria Ini Malah Pilih Pikul Motor