Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 08 Juli 2020 | 16:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat libur sekolah tiba, biasanya momen ini dimanfaatkan untuk pergi berlibur ke tempat wisata, namun adanya pandemi ini membuat mereka harus menghabiskan waktu di rumah saja dan memanfaatkan jalan-jalan virtual. 

Jalan-jalan virtual ini bisa dilakukan melalui tur online di berbagai situs pariwisata yang sudah disediakan. Bahakan setiap situs pariwisata menawarkan liburan virtual dengan fitur yang berbeda-beda. 

Ada situs yang menggunakan foto 360 derajat, teknologi street view, ataupun berbasis video review. Untuk membantu memilih fitur liburan virtual selama liburan sekolah ini, 3 Indonesia telah melakukan uji coba internal terbatas terkait konsumsi data terhadap beberapa tur virtual populer. 

Dari hasil riset 3 Indonesia, konsumsi data yang digunakan untuk mencoba fitur-fitur dari sius pariwisata selama 30 menit diperoleh hasil Street View technology yang mengandalkan GPS dan rangkaian gambar menjadi fitur liburan virtual yang paling hemat data. 

Di sisi lain streaming video menjadi fitur yang paling banyak mengonsumsi data karena kualitas tampilan gerak yang tinggi.

Ilustrasi jalan-jalan virtual. (3 Indonesia)

Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan, “Tur virtual memberikan hiburan bagi kita dan keluarga yang harus menunda rencana perjalanan ketika liburan sekolah sekarang ini. Dengan fitur-fitur seperti teknologi street view dan video 360 derajat, kita dapat membayangkan bagaimana rasanya menelusuri tempat wisata favorit tanpa harus keluar dari rumah. Kami berharap teknologi dan produk kami dapat membantu pelanggan kami menikmati liburan virtual mereka.”

Pada bulan April kemarin, 3 Indonesia juga telah menyiapkan teknologi pendukung jaringan seperti Dynamic Spectrum Sharing  (DSS) dan Core Network Function Virtualization (NFV) yang akan mengoptimalkan kapasitas koneksi 4.5G Pro serta meningkatkan kecepatan jaringan hingga 8x.

Dengan dukungan teknologi tersebut, pengguna dapat menikmati streaming konten-konten digital seperti foto street view dan video 360 derajat yang lebih lancar.

Selain itu, untuk menyiasati kebutuhan data liburan virtual, 3 menawarkan paket data dengan kuota lebih besar yang aktif selamanya yaitu AlwaysOn 8GB dan 16GB yang bisa memenuhi semua kebutuhan berinternet setiap hari (24 jam) di semua Jaringan 3 Indonesia. Kartu Perdana AlwaysOn juga bisa dengan mudah didapatkan secara online melalui situs https://perdana.tri.co.id.

“Jaringan 4.5G Pro kami sudah hadir di 33.000 desa di seluruh Indonesia. Kami berharap layanan ini dapat membantu jutaan masyarakat Indonesia beradaptasi di masa new normal ini dengan menambah wawasan lewat sarana virtual,” ujar Desmond.

Liburan sekolah tahun ini, kamu sudah jalan-jalan virtual kemana aja nih?

BACA SELANJUTNYA

Peserta Penerima Bantuan Kuota Belajar 3 Indonesia Meningkat 20 Persen