Rabu, 24 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 11 Juli 2020 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft Excel adalah salah satu software yang selalu digunakan untuk mempermudah penggunanya mengolah data dalam bentuk kolom. 

Ada beberapa trik untuk menjumlahkan kolom di Microaoft Excel dengan mudah. 

Dilansir dari Android Authority, berikut cara menjumlahkan kolom di Microsoft Excel:

1. Metode pertama
Cara termudah untuk menjumlahkan kolom adalah dengan mengklik huruf di bagian atas kolom. Pengguna akan melihat bilah di kanan bawah spreadsheet berubah dan salah satu nilai yang akan ditampilkan adalah jumlahnya.

2. Metode kedua
Cara kedua untuk menjumlahkan kolom adalah dengan menggunakan fitur AutoSum. Ini lebih mudah untuk menyimpan data daripada metode pertama.

Untuk menggunakan fitur AutoSum, pilih sel di bawah kolom yang ingin dijumlahkan > navigasikan ke tab Home dan temukan grup Editing > klik pada fungsi AutoSum > tekan Enter untuk melihat jumlah.

3. Metode ketiga
Pengguna juga dapat menggunakan fungsi Sum secara manual. Ini adalah metode yang lebih mudah jika pengguna hanya ingin menambahkan beberapa sel di kolom.

Untuk menggunakan rumus Sum secara manual, pilih sel tempat munculnya jumlah > tuliskan rumus =SUM( > pengguna dapat memasukkan sel secara manual dan memisahkannya dalam rumus dengan tanda koma atau menyorot rentang sel yang dibagi oleh titik dua.

Setelah memilih sel yang ingin dijumlahkan, tutup tanda kurung. Kemudian tekan enter untuk melihat jumlahnya.

4. Metode keempat
Cara terakhir ini untuk menjumlahkan kolom dalam Excel paling mudah jika pengguna berencana untuk menyajikan data. Pertama, sorot kolom dan tekan Ctrl+T pada keyboard untuk memformat rentang sel ke dalam Tabel Excel.

Pengguna akan melihat tab Design muncul > buka tab dan centang kotak Total Row > baris baru akan muncul di akhir tabel pengguna dengan nilai di akhir setiap kolom. Pilih sel di dasar kolom yang ingin pengguna jumlah untuk memunculkan menu dropdown > Buka menu dropdown dan pilih opsi SUum untuk melihat hasil total.

Beberapa metode di atas merupakan cara menjumlahkan kolom di Microsoft Excel yang bisa dilakukan pengguna dengan muda

Bagaimana langkah-langkah menjumlahkan kolom di Microsoft Excel? Mudah kan?(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat dan Memasukkan Tanda Tangan di Word