Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Juli 2020 | 13:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Webex, aplikasi video telekonferensi dari Cisco mulai mengikuti jejak pesaingnya. Tidak lain Zoom, layanan yang saat ini sedang populer.

Kini Webex menghadirkan fitur untuk ganti background mirip dengan yan ada di aplikasi Zoom. Fitur yang membuat suasana makin meriah dan tidak membosankan ketika video call.

Dikutip HiTekno.com dari The Verge, Webex memberikan update baru ini bukan sekadar fitur ganti background. Namun juga memberikan efek kepada background, seperti blur contohnya.

Diduga kalau penghadiran fitur baru ini dalam rangka membuat Webex makin ceria, tak mau kalah dari Zoom yang sedang populer digunakan.

Untuk background Webex sendiri sudah disediakan sejumlah template. Sayangnya, pengguna masih belum bebas mengunggah gambar background mereka sendiri.

Webex kini bisa ganti background. (The Verge)

Beberapa pesaing Webex, seperti Google Meet dan Microsoft Teams juga telah memiliki fitur ganti background seperti halnya dengan Zoom.

Popularitas aplikasi video telekonferensi saat ini memang sedang melonjak tajam. Tak lain karena situasi pandemi yang mendorong orang untuk meminimalisir kontak fisik.

Karena itu, aplikasi video telekonferensi seperti Zoom, Webex, Google Meet, dan Microsoft Teams mengalami peningkatan jumlah pengguna.

Webex sendiri merupakan aplikasi video telekonferensi tertua yang ada saat ini. Perusahaan ini didirikan pada 1995, dan diakuisisi Cisco pada 2007 silam.

Layanan Webex juga difokuskan sebagai aplikasi bisnis yang memiliki pasar perusahaan bukan pengguna pribadi. Namun kini dilaporkan mengalami lonjakan dalam pengguna pribadi.

Aplikasi Webex. (Cisco)

Dilaporkan pula, Google Meet dan Microsoft Teams mulai mengejar popularitas aplikasi Zoom. Keduanya mendapatkan jutaan pengguna dalam waktu sekejap.

Microsoft Team mendapatkan 75 juta pengguna aktif harian berdasarkan data April. Sedangkan Google Meet telah melampaui 100 juta peserta rapat online harian.

Hal ini yang diduga memici Webex untuk berbenah mengejar ketinggalan dari para pesaing, terutama aplikasi Zoom. Yakni memberikan fitur ganti background.

BACA SELANJUTNYA

Onderdil Kamera Buatan LG Ini Bikin Ponsel Tak Punya Benjolan di Belakang Bodi