Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 Juli 2020 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah postingan di media sosial Facebook mengklaim kalau Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pernah disekolahkan China dan kini berideologi komunis.

Klaim ini dipostingkan Akun Facebook Nicky Mediola mengunggah sebuah narasi yang menyudutkan Tito Karnavian

Postingan itu diunggah akun Facebook Nicky Mediola pada 13 Juli 2020. Unggahan tersebut telah mendapatkan respon sebanyak 25 reaksi.

Nicky Mediola juga mengklaim mantan Kapolri itu pernah disekolahkan oleh Partai Komunis China. Berikut ini narasi lengkap yang dibuat oleh akun Facebook Nicky Mediola.

"TITO KARNIVAN ITU BERIDIOLOGI KOMUNIS DIA BISA DI KATAKAN PKI KARENA DI PERNAH DI SEKOLAHLAH OLEH PARTAI KOMUNIS CHINA DI BAIJING"

CEK FAKTA, konten yang klaim Tito Karnavian berideologi komunis (Turnbackhoax.id)

Benarkah Tito Karnavian berideologi komunis karena pernah disekolahkan di China?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Senin (13/7/2020), yang dimaksud "Tito Karnivan" dalam narasi tersebut adalah Tito Karnavian yang saat ini tengah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia sejak 23 Oktober 2019.

Tito tidak pernah disekolahkan oleh Partai Komunis China di Beijing (dalam narasi tersebut tertulis Baijing), China.

Mantan Kapolri itu pernah menempuh pendidikan program S2 di University of Exeter, Inggris, melalui beasiswa dari The British Council untuk program Master in Police Studies tahun 1992, dilansir CNN Indonesia.

Penjelasan Cek Fakta, riwayat pendidikan Tito Karnavian (Turnbackhoax.id)

Tahun 1998, Tito berhasil lulus dengan predikat Bachelor of Arts (B.A.) dalam bidang Strategic Studies berkat program Sesko yang pemerintah Selandia Baru tawarkan kepada Polri.

Tito juga mendapat beasiswa doktoral (PhD) bidang Strategic Studies di S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Nanyang Technological University (NTU), Singapura pada tahun 2013.

Kesimpulan

Jadi, hasil cek fakta pada konten yang diunggah oleh akun Facebook Nicky Mediola termasuk dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Sebab, Tito Karnavian tidak pernah disekolahkan oleh Partai Komunis China di Beijing, China. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Tito_Karnavian

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171026091336-20-251184/kapolri-tito-karnavian-dianugerahi-gelar-profesor-terorisme

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Luna Maya Bangun Rumah dengan Maxime Bouttier di Bali?