Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 19 Juli 2020 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akun Facebook Ki Ageng Cakra Bumi membangikan video yang berisi beberapa orang arab tengah main kartu. Dalam postingannya, diklaim video ini menunjukkan sebuah pusat perjudian di Arab Saudi.

Video yang dibagikan akun Facebook tersebut diketahui dari sebuah akun bernama hijabb_cantik849 dengan narasi "Yg kmu anggp orang arab itu suci dimna nya perjudian di sana mlh kaya god of gambler".

Sementara itu di video awal yang diunggah pada 31 Desember 2019 memuat narasi sebagai berikut:

"Astagfirullahal’azim… Mari kita bersama-sama berlindung kepada Allah swt… Ini adalah pusat Judi terbesar pertama di Arab Saudi Arabia. Yang telah di resmikan di Jeddah oleh Fatwa Mufti Wahaby. #Khiamatsemakindekat#"

Video berdurasi 19 detik itu memperlihatkan beberapa kelompok pria berpakaian ghutrah (pakaian khas pria Timur Tengah) yang sedang bermain sejenis permainan kartu.

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, klaim yang menyebut bahwa kelompok pria berpakaian ghutrah (pakaian khas Timur Tengah) sedang bermain kartu di sebuah pusat terbesar pertama di Arab Saudi adalah klaim yang salah.

Acara dalam video tersebut merupakan sebuah kompetisi resmi pertama permainan Kartu Baloot, yaitu permainan kartu Belote dari Perancis yang populer di Arab Saudi.

Lokasi yang ada dalam video tersebut bukan merupakan lounge yang biasa digunakan untuk berjudi., melainkan sebuah lokasi acara turnamen kartu Baloot yang dilaksanakan selama 4 hari.

Seperti dikutip dari media Pakistan Geo TV News, kompetisi Baloot itu diselenggarakan pada 4-18 April 2018 di King Abdullah Petroleum Studies and Research Center. Kompetisi ini diselengarakan Otoritas Hiburan Umum Pemerintah Saudi diikuti oleh 12 ribu peserta.

Cek Fakta: Kompetisi Kartu Baloot di Arab Saudi. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Hasil cek fakta dari klaim yang menyebut bahwa video tersebut merupakan pusat perjudian terbesar di Arab Saudi adalah klaim yang salah. Video tersebut terindikasi sebagai konten hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Luna Maya Bangun Rumah dengan Maxime Bouttier di Bali?