Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 24 Juli 2020 | 22:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sejak pandemi, hampir semua sekolah di Indonesia menerapkan sistem belajar daring atau sekolah online demi mencegah penyebaran virus corona. 

Namun belum lama ini sebuah warung kopi atau warkop menyediakan fasilitas WIFi gratis bagi para pelajar untuk mengakses internet gratis untuk sekolah online. 

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @ikalfyh pada 21 Juli, pemilik akun mengunggah beberapa gambar tangkapan layar yang memperlihatkan akun Instagram milik warkop tersebut dengan nama akun @warkoppitulikur.

Setelah ditelusur pada akun Instagram tersebut, warkop berlokasi di Surabaya itu pertama kali mengunggah foto berisi tulisan yang menginformasikan fasilitas WiFi tersebut pada 18 Juli.

Tertulis bahwa bagi pelajar yang berada di sekitar lokasi warkop dapat belajar dan menggunakan fasilitas WiFi yang disediakan warkop. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan teh hangat gratis untuk para pelajar yang datang.

Namun, pemilik warkop pun memberi batasan ketat bagi para pelajar yang menggunakan fasilitas WiFinya agar tidak menyalahgunakannya untuk bermain game.

"Bagi pelajar atau siswa siswi di sekitar warkop Pitulikur, yang kesulitan proses belajar dan mengajar virtual karena keterbatasan data internet bisa belajar di warkop Pitulikur tanpa bingung pemakaian data dan free teh hangat. Syaratnya hanya untuk belajar dan tidak boleh main game apapun," tulis akun @warkoppitulikur.

Warkop sediakan wifi gratis. [Instagram]

Tak hanya itu, pada unggahan selanjutnya, akun warkop tersebut mengunggah gambar papan tulis dengan tulisan yang berbunyi, "WiFi gratis bagi sekolah online. Sekolah yes, game no! Free teh hangat," tambah akun @warkoppitulikur seraya menyertakan username dan password WiFi.

Warkop tersebut pun mengunggah penampakan para pelajar SMP dan SMA, yang duduk saling menjaga jarak dan mengenakan masker penutup wajah.

Unggahan tersebut pun viral di media sosial dan mendapat respon yang baik dari warganet. Tak sedikit warganet yang dibuat respek dan salut atas apa yang dilakukan warkop tersebut.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 23.700 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

Warkop sediakan wifi gratis. [Twitter]

"Kalau ini ada di daerah gue, gue tiap hari nih ke sini," tulis akun @Dillikeee.

"Semoga sukses terus warkopnyaa," komentar @sambattjuy.

"Keren banget mempermudah para pelajar," tambah @praptinings.

"Strategi marketingnya dapet. Respectnya dapet. Semoga semuanya tetep disiplin jaga jarak aman dan tetep menerapkan protokol kesehatan pas di warkop," ungkap @ArumMutiara5.

"Ini pemerintah nggak mau bagi-bagi kuota gratis apa ke sekolah-sekolah? Universitas udah loh. Kasian adek-adek. Apalagi sampe yang nggak punya akses buat sekolah online," cuit @adeftryani.

Unggahan warkop yang menyediakan WiFi gratis ini viral di Twitter dan membuat netizen salut. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

2 Cara Restart WiFi IndiHome, Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa Panggil Teknisi