Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 27 Juli 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah pesan berantai beredar di WhatsApp dengan mengklaim adanya daftar perlengkapan yang harus disiapkan di rumah dalam rangka menghadapi COVID-19.

Dalam klaim ini disampaikan beberapa perlengkapan yang harus disediakan mulai dari tabung meter, oksimeter hingga beberapa obat-obatan.

Dalam pesan berantai tersebut juga disebutkan masyarakat diminta memakan makanan alkali. Makanan tersebut diklaim bisa menangkal Covid-19.

Berikut cuplikan kutipan isi pesan berantai:

"Kit Medis Covid Diperlukan dirumah:
Paracetamol dan Antibiotik, Obat kumur, Vitamin C dan D3, B Kompleks, UAP, Oksimeter, Tabung Oksigen (hanya untuk keadaan darurat), Latihan Pernafasan."

Fakta perlengkapan di rumah tangkal Covid-19 (Turnbackhoax.id)

Benarkah klaim pesan berantai berisi daftar perlengkapan yang harus disiapkan tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (24/7/2020), klaim yang menyebutkan ada sejumlah peralatan wajib disiapkan untuk menangkal Covid-19 adalah klaim yang salah. Klaim tersebut tidak didukung dengan bukti yang kuat.

Pesan berantai serupa tidak hanya tersebar di Indonesia melainkan di beberapa negara lainnya. Pesan berantai tersebut telah dibantah dalam situs pencari fakta AFP Fact Check pada artikel berjudul "False list of ‘home treatments’ for COVID-19 circulates online".

Dalam artikel tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Filipina, Dr. Maria Rosaria Vergeire yang menegaskan bahwa seluruh klaim tersebut tidak didukung dengan adanya bukti.

"Semua klaim tersebut tidak didukung dengan bukti," tegasnya.

Fakta perlengkapan di rumah tangkal Covid-19 (Turnbackhoax.id)

maria menjelaskan, penggunaan oksigen pada pasien Covid-19 harus dilakukan sesuai saran dokter dan dalam pengawasan secara rutin.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat terkait perawatan medis untuk mereka yang mengalami gejala indikasi Covid-19.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi yang menampilkan daftar perlengkapan yang harus disiapkan di rumah untuk menangkal Covid-19 adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?