Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 27 Juli 2020 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tren berbelanja online melalui e-commerce seperti Shopee kini makin marak, selain toko offline penjual sekarang harus memiliki toko online untuk mempermudh pembeli. 

Salah satu marketplace yang paling banyak digunakan oleh pebisnis online ialah Shopee. Selain populer, cara membuat toko online sendiri di Shopee pun juga mudah.

Shopee tak hanya memudahkan konsumen Anda dalam berbelanja, namun juga berpotensi menggaet konsumen-konsumen baru dan jumlah omset penjualan Anda. Berikut ini cara mudah membuat toko online di Shopee.

1. Buat Akun 

Sebelum membuat toko online, pastikan Anda telah memiliki akun di Shopee. Cara membuat akun di shopee ialah denga mengunjungi https://shopee.co.id/ atau mengunduh aplikasi Shopee di Play Store dan Apple Store. Lalu, klik Daftar dan masukkan nomor ponsel Anda. Kemudian lakukan verifikasi menggunakan nomor ponsel yang terdaftar dan email. Pastikan alamat email dan nomor ponsel Anda belum pernah digunakan untuk mendaftar Shopee.

2. Lengkapi Profil

Setelah memiliki akun Shopee, pada pojok kiri atas khusus tampilan menu website, klik menu Jual. Namun jika Anda menggunakan ponsel, maka klik menu Saya pada sisi kanan bawah lalu klik Mulai Jual pada sisi kiri atas. Langkah berikutnya ialah melengkapi profil toko online melalui Seller Centre. Pertama, pilih menu Pengaturan Toko, kemudian isi profil toko dengan lengkap. Mulai dari nama toko online, deskripsi, cantumkan logo jika perlu, kemudian tak lupa isi banner toko juga. Setelah semua data terisi lengkap, klik Simpan.

Ilustrasi olshop, online shop, toko online. [Shutterstock]

3. Mengatur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman

Pilih menu 'Alamat Saya' kemudian masukkan alamat lengkap toko Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu alamat bisa menambahkan alamat baru dengan mengklik 'Tambah' pada pojok kanan atas kemudian klik Simpan.

Selanjutnya, pilih jasa kirim yang tersedia di kota Anda. Semakin banyak layanan jasa kirim yang Anda pilih, maka semakin memudahkan konsumen untuk berbelanja. Klik Jasa Kirim lalu centang ekspedisi yang anda pilih kemudian klik Simpan.

4. Masukkan Nomor Rekening Bank

Setelah melengkapi data diri toko hingga memilih jasa kirim, yang tak kalah penting ialah mencantumkan nomor rekening. Nomor rekening ini berguna untuk pencairan dana penjualan. Klik menu Kartu/Rekening Bank, kemudian masukkan password Shopee lalu klik Tambah Rekening Bank, terakhir klik Lanjut.

5. Mulai Berjualan

Nah setelah selesai melengkapi data-data yang diperlukan, kini saatnya Anda mulai berjualan. Cara jualan di Shopee, klik menu Tambah Produk Baru lalu isi data produk mulai dari nama hingga harga lalu klik Simpan. Kini produk Anda sudah terunggah di Shopee dan siap berjualan.

Bagaimana langkah mudah membuat toko online di Shopee? Kini kamu bisa mencobanya sendiri, selamat mencoba. (Suara.com/Dany Garjito)

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Jitu Belanja POCO C65 Aman dan Nyaman di Toko Online