Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 02 Agustus 2020 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar sebuah postingan Facebook yang mengklaim kalau putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menantang depat terbukan pengamat politik Rocky Gerung.

Unggahan yang mengklaim Gibran tantang debat terbuka Rocky Gerung itu dibagikan oleh akun Haidir Belitong pada Rabu (29/7/2020) dengan narasi sebagai berikut:

"SUDAH..JGN BYK BACOT AKU TANTANG ROCKY GERUNG DEBAT TERBUKA! Dukung....!!! Debat terbuka di TV-ONE"

Akun Facebook itu juga mengunggah foto kolase yang menampilkan Gibran tengah duduk dan Rocky Gerung yang sedang tertawa.

Lalu benarkah Gibran menantang Rocky Gerung debat terbuka di salah satu stasiun televisi?

Cek fakta benarkah Gibran menantang Rocky Gerung berdebat. (Makassar.terkini.id)

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran yang dikutip Makassar.terkini.id -jaringan Suara.com dari tim cek fakta Medcom.id, klaim yang menyebut bahwa Gibran menantang debat Rocky Gerung adaah klaim yang salah.

Faktanya, foto yang diunggah oleh akun Facebook itu merupakan hasil suntingan. Selain dibuat kolase, masing-masing foto Gibran dan Rocky Gerung telah dilakukan editing.

Potret Gibran dalam foto aslinya diambil kala Calon Wali Kota Solo itu tengah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono d Istana Negara pada tahu 2017 silam

Foto itu dimuat oleh sebuah situs berita Liputan6.com dengan artikel berjudul "Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran saat Bertemu AHY".

Sementara itu, foto Rocky Gerung juga mengalami penyuntingan di mana kepala Rocky diambil dari sebuah foto kemudian ditempelkan ke gambar badan seseorang yang mengenakan atribut kepresidenan.

Selain itu, belum ada konfirmasi dari masing-masing pihak tentang tantangan debat terbuka.

Cek fakta benarkah Gibran menantang Rocky Gerung berdebat. (Makassar.terkini.id)

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, klaim yang mengatakan bahwa Gibran menantang debat terbuka kepada Rocky Gerung adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto Gibran yang termuat dalam unggahan akun Facebook Haidir Belitong merupakan hasil editan.

Itulah hasil penelusuran dan cek fakta pada postingan yang mengklaim Gibran tantang debat terbuka Rocky Gerung yang ternyata salah. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia akan Luncurkan N73 Reborn? Atau Cuma HP Hoaks?