Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Turah Parthayana, Youtuber asal Indonesia ini sedang jadi sorotan netizen karena tuduhan terlibat dalam kasus pelecehan seksual. Ia tengah jadi pembicaraan hangat di media sosial.

Manajer Turah Parthayana, Jehian Panangian Sijabat membenarkan artis asuhannya melakukan pelecehan seksual yand dituduhkan ke Youtuber ini.

Jehian Panangian Sijabat menyampaikan kalau Turah telah mengakui melakukan pelecehan kepada korban yang berinisial J. J adalah teman Turah saat mereka tinggal di asrama Pairs, Rusia.

Kejadian itu berlangsung pada 23 November 2019 saat Turah dan J nonton film horor di kamar teman mereka berinisial D.

"Turah Parthayana tidak menyangkal pengakuan pelecehan seksual yang dilakukan olehnya," ujar Jehian mengawali thread di Twitter, Kamis (6/8/2020).

Youtuber Turah Parthayana. (Instagram/ turahparthayana)

Pengakuan itu juga disertai surat dari Gokma Sahat Tua Sinaga, Ketua Permira (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia) di Universitas Negeri Tomsk, Rusia tempat kuliah Turah Parthayana.

"Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama ketua Permira Tomsk menyatakan saudara Turah telah melakukan tindakan seksual secara terencana dan disadari terhadap saudari J," demikian surat yang ditulis pada 26 November 2019.

Dikatakan Jehian, artisnya yang berkecimpung di dunia YouTube sebagai content creator menyentuh korbannya, J beberapa kali.  

"Menurut pengakuan J, TP (Turah Parthayana) melakukan tiga kali sentuhan seksual tanpa persetujuan J," kata manajer Turah Parthayana.

Sanksi yang diterima Turah Parthayana 

Turah Parthayana [Instagram]

Kejadian itu kemudian diketahui Gokma dan telah dimediasi oleh Ketua Permari tersebut.

"TP memohon maaf dan bersedia menerima sanksi. Yaitu berupa pengunduran dirinya dari PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Universitas Negeri Tomsk, Rusia. Serta dikeluarkan dari kepanitiaan yang dijalani," papar Jehian.

Turah Parthayana kemudian mengasingkan diri. Ia tidak melakukan kontak dengan mahasiswa di Tomsk. "Dilakukan sebagai tanda penyesalan," imbuh Jehian.

Berdasarkan keterangan dari Gokma dan Turah Parthayana, kasus pelecehan seksual sebenarnya tidak ingin disebar. Alasannya karena ingin menjaga nama baik J, sebagai korban.

"Tapi melihat thread yang dibuat Sandi (akun @sandi_sa119), mungkin J berubah pikiran," jelas sang manajer.

Itulah keterangan sang manajer yang menyebutkan kalau Turah Parthayana mengakui kasus pelecehan seksual tersebut. Sampai sekarang Youtuber ini masih hangat jadi pembicaraan netizen di media sosial. (Suara.com/ Rena Pangesti).

BACA SELANJUTNYA

Daftar YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023