Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 Agustus 2020 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Popularitas Zoom sebagai aplikasi telekonferensi, menarik banyak pihak untuk menghadirkan produk serupa. Termasuk Line Meeting yang telah resmi diluncurkan.

Line Corporation mengumumkan layanan barunya yang punya fitur panggilan grup baru dan memungkinkan pengguna bergabung melalui tautan URL.

Fitur Line Meeting ini hadir baik melalui ponsel maupun PC/komputer. Yang nantinyaakan bersaing dengan Zoom yang sedang naik daun.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (7/8/2020) dijelaskan bahwa Line Meeting merupakan fitur panggilan video gratis di dalam aplikasi Line yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat secara virtual, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi, tanpa harus membuat grup terlebih dahulu.

Sementara, panggilan grup dari Line Meeting bisa menampung hingga 500 orang. Kapasitas ini lebih besar dari Zoom yang hanya menampung 100 orang dalam satu sesi.

Aplikasi Zoom sebenarnya mampu menampung hingga 1000 orang, tetapi fitur ini hanya untuk versi yang berbayar.

Pengguna bisa menciptakan tautan URL dari ruang percakapan Line dengan dua cara sederhana, kemudian mengundang teman mereka melalui URL dengan mengirimkannya melalui ruang percakapan di Line.

Ilustrasi Line. (line.com)

Saat rapat online berlangsung, pengguna juga bisa dengan mudah mengirimkan undangan guna menambah partisipan meski panggilan tengah berlangsung.

Line Meeting juga hadir dengan fitur Watch Together yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar HP dan video YouTube di panggilan grup. Tak hanya itu, terdapat juga efek latar belakang.

Versi HP menghadirkan sebanyak 106 efek dan 41 filter, sedangkan versi PC hadir dengan 12 filter tanpa harus mengunduh aplikasi terpisah.

Pengguna juga bisa menggunakan berbagai pilihan gambar efek latar belakang atau menggunakan gambar sendiri guna mengubah penampilan layar dan menambah sentuhan lebih personal, tersedia baik untuk versi HP maupun PC.

Untuk memastikan keselamatan dan keamanan, Line Meeting menyediakan tautan URL rapat yang kompleks dengan lebih dari 32 karakter. Sebagai tambahan, pengguna tidak bisa bergabung dengan rapat di Line Meeting tanpa menggunakan tautan URL yang disediakan.

Pengguna juga dapat menghapus pengguna lain dengan fitur Kick Out yang tidak diinginkan dari rapat sehingga bisa menjaga rapat menjadi lebih aman.

Itulah Line Meeting, fitur baru yang dihadirkan untuk menyaingi Zoom dalam video telekonferensi. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Link Zoom Meeting, Mudah dari HP maupun Laptop