Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 09 Agustus 2020 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Provider 3 Indonesia telah berhasil mentransformasi Packet Core Network-nya melalui implementasi Packet Core yang terdistribusi di 27 lokasi di Indonesia. Upaya yang dimulai sejak tahun 2017 ini mengurangi latensi layanan jaringan 3 dan memberikan koneksi internet yang makin lancar dan bebas lag untuk pelanggan.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumsi data oleh pengguna layanan telekomunikasi meningkat sebanyak dua kali lipat di setiap tahunnya. Peningkatan ini dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan perangkat pintar, perkembangan konten video, serta maraknya aplikasi streaming.

Pada saat yang sama, terdapat permintaan kuat dari pengguna supaya penyedia layanan telekomunikasi dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses internet, yang bisa dicapai dengan meminimalkan latensi jaringan.

Untuk menyediakan akses internet dengan latensi rendah, Packet Core Network 3 Indonesia dilengkapi arsitektur Control and User Plane Separation (CUPS).

CUPS mampu mengurangi latensi jaringan sebanyak 23% saat pengguna mengakses jaringan 3. Dengan latensi yang rendah, pengguna dapat menikmati pengalaman mobile gaming yang semakin baik dan meeting virtual yang lebih lancar, khususnya selama pandemi ketika banyak perusahaan yang mengimbau karyawannya untuk bekerja dari rumah. Teknologi mutakhir ini juga semakin memantapkan kesiapan 3 untuk menyambut 5G di Indonesia dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

3 Indonesia bertransformasi ke 5G. (3 Indonesia)

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami. Transformasi Core Network yang progresif ini memungkinkan kami melayani berbagai aplikasi seluler dan membawa banyak manfaat bagi pelanggan. Tidak hanya itu, Packet Core Network juga melancarkan langkah kami untuk menyiapkan jaringan 5G dan layanan komunikasi yang membutuhkan latensi sangat rendah (Ultra-Reliable Low Latency Communication/URLLC),” kata Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung.

Selain itu, Packet Core Network 3 Indonesia juga mendukung teknologi Cloud-Native untuk jaringan yang fleksibel dengan layanan Service Awareness dan fungsi jaringan yang dapat dipasang kapanpun dan dimanapun. Fitur Cloud Native mempercepat  implementasi menuju ke jaringan 5G sehingga memangkas waktu persiapan pengoperasian 5G di masa depan.

3 Indonesia senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan jaringannya. Melalui teknologi terbaru ini, pelanggan 3 Indonesia akan mendapatkan pengalaman internet yang lebih baik lagi di jaringan 4.5G Pro yang telah tersedia di lebih dari 34,000 desa di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Akhirnya Resmi, Ini Daftar Harga Redmi Note 13 Series di Indonesia