Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 Agustus 2020 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kekayaan Mark Zuckerberg melonjak jadi 100 miliar dolar AS, usai perusahaanya meluncurkan Instagram Reels. Yakni fitur yang dihadirkan sebagai pesaing TikTok.

Facebook memang telah lama berencana untuk membuat Instagram Reels sebagai pesaing TikTok, dan akhirnya meluncur juga.

Pada Kamis (6/8/2020), saham di Facebook naik lebih dari enam persen, setelah peluncuran platform baru pada hari sebelumnya. Mark Zuckerberg sendiri memiliki 13 persen saham di perusahaan tersebut.

Kekayaan bersih sebelum diluncurkannya Instagram Reels dilaporkan sekitar 92 miliar dolar AS.

Dengan melonjaknya total kekayaan Mark Zuckerberg menempatkan lelaki berusia 36 tahun itu di "Centibillioniare Club" eksklusif, bersama dengan pendiri Amazon Jeff Bezos (185,8 miliar dolar AS) dan mantan bos Microsoft Bill Gates (112,8 miliar dolar AS).

Instagram Reels dipandang sebagai saingan langsung aplikasi kontroversial milik China, TikTok, yang dicap sebagai "ancaman keamanan nasional" oleh Donald Trump.

Pada hari yang sama, Presiden Amerika Serikat juga menandatangani perintah eksekutif yang melarang TikTok di Amerika Serikat dalam 45 hari.

Instagram Reels. [Shutterstock]

Dalam perintah eksekutif, Gedung Putih mengklaim aplikasi media sosial berbasis video dan musik milik China menimbulkan risiko "nyata" bagi warga Amerika Serikat.

Donald Trump bersikeras, Amerika Serikat harus mengambil tindakan agresif terhadap pemilik TikTok untuk melindungi keamanan nasional negara.

Aplikasi media sosial tersebut mulai dilarang pada 20 September mendatang jika perusahaan induknya ByteDance tidak menjual operasinya ke Amerika Serikat.

"Saat ini, tindakan harus diambil untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh satu aplikasi seluler khususnya, TikTok," tulis perintah tersebut, seperti dikutip dari The Sun, Senin (10/8/2020).

Itulah laporan terbaru kekayaan bos Facebook, Mark Zuckerberg yang melonjak usai meluncurkan Instagram Reels. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Jumlah Pengguna Aktif Harian Capai 2 Miliar, Facebook Terus Kembangkan AI