Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 17 Agustus 2020 | 08:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Turut rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2020 pada 17 Agustus, Google menghadirkan Google Doodle hari ini di halaman awal pencarian. 

Tampilan Google Doodle tersebut menampilkan keragaman Indonesia melalui ilustrasi seperti harimau Sumatera, dan bunga Rafflesia Arnoldii sebagai salah satu contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah.

Tak hanya itu, untuk memberi kesan Hari Kemerdekaan, doodle yang dibuat oleh Martcellia Liunic yang berbasis di Jakarta, menambahkan gambar khas tujuhbelasan seperti panjat pinang dan seorang murid yang mengenakan seragam merah putih dengan mengibarkan bendera Indonesia.

Selain itu, ada beberapa ilustrasi orang yang tersebar dengan menggunakan pakaian adat Indonesia, seperti Betawi dan Jawa. Tulisan "Google" sendiri dibentuk menggunakan huruf G yang menyerupai awan, huruf O dari lingkaran panjat pinang dan bunga Rafflesia Arnoldii, huruf G dari pita berwarna merah, huruf L dari pohon kelapa, dan terakhir huruf E yang menyerupai lautan.

Dilansir dari laman resmi Google pada Senin (17/8/2020), Martcellia yang menggambar doodle ini mengatakan tidak hanya ingin menggambar mengenai perayaan Hari Kemerdekaan tetapi juga mengenai Binneka Tunggal Ika.

Google Doodle HUT RI. [Screenshot]

"Saya ingin menggambarkan tidak hanya perayaan ini dalam ilustrasi saya untuk doodle, tetapi juga pentingnya Bhinneka Tunggal Ika yang berarti persatuan dalam perbedaan. Sebagai salah satu masyarakat yang paling beragam secara etnis, Indonesia terdiri rari 1.300 kelompok etnis dengan setidaknya 95 persen asli nusantara. Jadi saya juga ingin menggambarkan keindahan alam Indonesia dengan pegunungan, laut, dan beberapa hewannya yang luar biasa seperti harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii," kata Martcellia dalam wawancara bersama Google.

Pembuat doodle itu ingin menyampaikan pesan melalui karyanya bahwa Indonesia beragam, indah, dan meriah seperti doodle buatannya yang penuh warna.

Melalui gambar Google Doodle hari ini, pengguna juga bisa menemukan berita terkait Hari Kemerdekaan Indonesia 2020 hingga menonton live streaming Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020 yang disiarkan melalui YouTube. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis